Mozaik

399 Calon Jamaah Haji Diperiksa Kesehatan di RSUD Kota Serang

Sebanyak 399 calon jamaah haji dari Kota Serang mulai melakukan pemeriksaan kesehatan di RUSD Kota Serang, Panancangan, Kota Serang, sElasa (24/5/2022).

Pemeriksaan kesehatan para calon jamaah haji langsung dimonitoring Walikota Serang, Syafrudin didampingi Kadis Kesehatan Kota Serang, Muhammad Hasanudding.

Syafrudin mengatakan, pelaksaan pemeriksaan kesehatan calon tamu Allah di tanah suci tersebut dilakukan 2 hari, Selasa ini, 24-25 Mei 2022.

“Jamaah haji Kota Serang ini jumlah keseluruhannya sebanyak 399 orang. Sebelum pandemi Cobid 19, kuota Kota Serang minimal 1.000 orang, jadi dikurangi lebih 60 persen,” ungkap Syafrudin.

Selain itu adapun yang hadir pada saat ini, jumlahnya 399 Jamaah dan masih terdapat 20 orang lagi yang keadaannya belum menentu antara berangkat atau tidak.

“Saya berpesan kepada seluruh jamaah Kota Serang yang akan berangkat haji untuk selalu menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas fisiknya, karna sulitnya berangkat haji ke mekkah,” katanya.

“Mudah-mudahan semua masyarakat kota Serang semuanya yang sudah terdaftar bisa berangkat haji tanpa hambatan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Sementara itu, Kadinkes Kota Serang, Muhammad Hasanuddin mengatakan, untuk pemeriksaan pada hari ini dilakukan kepada calon jamaah dari 4 kecamatan

“Para calon haji ini berasal dari Kecamatan Kasemen, Curug, Walantaka dan Cipocok,” ujarnya.

Menurutnya, ada 4 kriteria yang boleh berangkat untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci.

Pertama, istithaah adalah boleh berangkat. Kedua berangkat haji dengan catatan ada pendamping. Ketiga tidak berangkat karena tertunda disebabkan penyakitnya harua diobatin terlebih dahulu. Keempat tidak boleh berangkat.

“Kalau hasil sementara saat ini belum ditemukan calon jamaah haji yang ada kendalanya,” katanya. (Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button