Musik

Cinto Gilo Dirilis Aldi Viorell, Karya Musisi Jalanan Donie Sakire

Lagu Cinto Gilo dirilis Aldi Viorell, penyanyi asal Padang yang berudet dengan Nita Viorell di Chanel Youtube Viorell Official.

Lagu ini merupakan karya Sandri Donie yang akrab disapa Donie Sakire, musisi jalanan yang sehari-hari mengamen dari satu rumah makan ke rumah makan lainnya.

Aldi Viorell mengaku tidak ada rencana untuk menyanyikan lagu tersebut. Soalnya ia mendapatkan lagu tersebut secara dadakan, saat ia lagi makan malam di sebuah rumah makan di Padang.

Dia bertemu dengan Donie Sakire yang lagi mengamen, seperti dikatakan Aldi Viorell.

“Di rumah makan itu kami bercerita-cerita tentang musik. Lalu Donie Sakire menawarkan salah satu karya lagunya untuk Aldi nyanyikan,” kata Aldi Viorell.

Ternyata lagunya enak didengar. Iramanya ada unsur klasik Minang dan liriknya unik.

Aldi tertarik dan langsung mengambil lagu itu dengan membuat kesepakatan dengannya.”

Lagu Cinto Gilo mengisahkan seorang cowok merayu ceweknya. Uniknya, cowok tersebut meyakinkan ceweknya dengan pantun berdiksikan nama-nama daerah di Sumatera Barat (Sumbar) dan Bengkulu, serta nama-nama kuliner khas Minangkabau.

Hal ini membuat lagu tersebut menjadi berbeda dari lagu-lagu lainnya.

Beberapa nama daerah pada lirik lagu tersebut adalah Bangko, Muko-Muko, Tapan, Indropuro, Balai Salasa, Pasa Kambang, Kelok Sambilan, Padang Panjang, Bukittinggi, Jam Gadang, Gunung Marapi, Danau Singkarak, Padang, Lembah Anai, dan Pariaman.

Untuk nama-nama kulinernya adalah Lapek, Paragede Jaguang, dan Sala Lauak.

“Sebenarnya genre musik lagu Cinto Gilo bukan genrenya Aldi. Tapi karena iramanya asyik dan liriknya unik, makanya Aldi mau menyanyikannya,” kata penyanyi yang baru merilis VCD album bertajuk 10 Best of The Best Slorock Vol 1 Aldi Viorell.

Aldi Viorell mengawali karir musik profesionalnya di belantika musik tanah air sejak tahun 2020.

Penyanyi yang sangat produktif dalam melahirkan karya tersebut telah merilis 24 lagu.

Lagu Cinto Gilo merupakan lagu duet ke delapannya bersama Nita Viorell, Lady Rocker Kota Padang yang popular lewat lagu Cindua Takacau Garobak Hilang.

Selain lagu Minang, Aldi Viorell juga merilis lagu bergenre slowrock, dan pop nasional.

Donie Sakire, penulis lagu Cinto Gilo mengatakan ide menulis lagu Cinto Gilo ia dapatkan dari salah satu video viral di Instagram.

Pada video tersebut ada seorang wanita pakai baju baralek yang sedang berpantun, kemudian pantun tersebut ia kembangkan menjadi lirik lagu Cinto Gilo.

“Saya berharap lagu Cinto Gilo bisa menarik kunjungan wisata domestik, dan mancanegara untuk datang ke daerah-daerah yang saya sebutkan di lagu itu, dan menikmati kuliner tradisinya,” kata Donie Sakire. (Pengirim: Muhammad Fadhli / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button