Danmenbanpur 2 Mar Pimpin Panen di Empat Batalyon

Komandan Menbanpur (Danmenbanpur) 2 Mar Kolonel Marinir Citro Subono memimpin seluruh prajurit dan Jalasenastri Cabang 3 Korcab Pasmar 2 melaksanakan panen ikan dan tanaman pangan. Hasil panen langsung dibagikan ke seluruh prajurit Menbanpur 2 Mar di Kesatrian Soetedi Senaputra Karangpilang, Surabaya, Selasa(16/06/2020)

Diawali kegiatan oleh raga bersama, Danmenbanpur melaksanakan panen raya hasil perkebunan. Antara lain kacang hijau, ubi jalar, tomat dan jagung dan disektor perikanan panen ikan tombro, ikan lele dan ikan patin.

Danmenbanpur 2 Mar menyampaikan, kegiatan ketahanan pangan yang telah dilaksanakan dan siap panen tetsebut berupa pemeliharaan ikan, hewan ternak, penananam sayur-sayuran, palawija. Selain itu kegiatan ini merupakan pelaksanakan program pemerintah dan TNI dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

“Walaupun dalam kesibukan penugasan yang selalu menunggu prajurit Menbanpur 2 Mar ternyata masih menyisakan waktu untuk melaksanakan ketahanan pangan dengan budidaya peternakan, perikanan dan perkebunan sehingga bisa bermanfaat khususnya bagi keluarga besar prajurit Menbanpur 2 Mar,” pungkas Komandan dengan bangga. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Baca:

Yonpom 2 Mar panen perdana ikan air tawa dan sayuran. (Foto: Yosafat RH / Menbapur 2 Mar)

Yonpom Panen Perdana Ikan Tawar dan Sayuran

Prajurit Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) melaksanakan kegiatan panen perdana ikan air tawar dan sayuran di lingkungan kantor Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang, Surabaya, Selasa (16/06/2020).

Beberapa bulan sebelum pelaksanaan panen, Yon POM 2 Mar telah berusaha menyiapkan seluruh aset, baik itu berupa lahan pertanian maupun perikanan dalam rangka ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19. Caranya memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar lingkungan kantor.

Komandan Yon POM 2 Mar Letkol Laut (PM) Edwin Heryana mengatakan, ikan dan sayuran yang dipanen itu merupakan hasil budidaya jajarannya sebagai dukungan terhadap ketahanan pangan sesuai anjuran pemerintah. “Panen perdana ini sebagai upaya memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi pandemi Covid-19,” katanya.

Program ini tentunya mampu dijadikan percontohan kepada seluruh anggota Yon POM 2 Mar yang bertujuan mensejahterakan anggota dan keluarganya. Ini terutama kebutuhan protein hewani dan sayuran dengan hasil panen ini. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Yonzeni 2 Mar juga melakukan panen perda. (Foto: Yosafat RH / Menbanpur 2 Mar)

Yonzeni Panen Raya

Prajurit Batalyon Zeni 2 Marinir (Yonzeni 2 Mar) untuk berkreasi mengubah lahan kosong menjadi lahan produktif untuk bercocok tanam dan siap dipanen. Letkol Marinir I Nyoman Polih I, Komandan Yonzeni 2 Mar memimpin seluruh prajurit Yonzeni 2 Mar dan ibu Jalasenastri Ranting C Cabang 3 Pasmar 2 melaksanakan panen ikan dan tanaman pangan dan hasilnya langsung dibagikan ke seluruh prajurit Yonzeni 2 Mar di Kesatrian Soetedi Senaputra Karangpilang, Surabaya, Selasa(16/06/2020).

Panen raya kali ini meliputi berbagai jenis tanaman seperti singkong, kacang panjang, terong, tomat, cabai serta budidaya ikan seperti lele, bawal dan nila. Kegiatan panen perdana ini berpatokan pada protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19.

Danyon Zeni 2 Mar menyampaiakan, tujuan kegiatan ini adalah upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan dampak dari pandemi Covid-19. Dampak itu baik sosial maupun ekonomi. Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Yonangmor 2 Mar juga memanen ikan kolam air tawar . (Foto: Yosafat RH / Menbanpur 2 Mar)

Panen Yongangmor Dibagikan

Prajurit Batalyon Angkutan Bermotor 2 Marinir (Yonangmor 2 Mar) melaksanakan panen raya ketahanan pangan di satuan yang telah dibudidayakan selama kurang lebih 4 bulan di lahan perkebunan dan kolam ikan Yonangmor 2 Mar Kesatrian Soetedi Senaputra, Karang pilang, Surabaya, Selasa(16/06/2020).

Danyon Angmor 2 Mar mengatakan, program ketahanan pangan yang telah dilaksanakan kurang lebih 4 bulan itu merupakan hasil budidaya serta wujud ketahanan pangan para prajurit Yonangmor 2 Mar.

Danyon Angmor 2 Mar mengatakan, panen tanaman palawija, sayuran, maupun ikan di lahan yang berada di satuan tersebut merupakan hasil dari kerja keras seluruh prajurit Yonangmor 2 Mar. Ini melaksanakan program ketahanan pangan selama 4 bulan terakhir. Hasil dari panen raya tersebut langsung dibagikan secara merata kepada seluruh prajurit Yonangmor 2 Mar baik Perwira, Bintara, dan Tamtama yang ikut turun langsung untuk memanen hasil kerja bersama selama ini.

“Saya berharap agar ketika menghadapi situasi seperti sekarang, masa pandemi Covid 19, prajurit Yonangmor 2 Mar mempunyai bekal ilmu untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian keluarga mereka, salah satunya dengan melakukan program ketahanan pangan di rumah masing-masing,” pungkas Danyon Angmor 2 Mar. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Yonkomlek 2 Mar juga memanen hasil dari lahan kosong. (Foto: Yosafat RH / Menbanpur 2 Mar)

Panen Yonkomlek

Masa pandemi Covid-19 ternyata tidak mematahkan semangat prajurit Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Yonkomlek 2 Mar) berkreasi mengubah lahan kosong menjadi lahan produktif untuk bercocok tanam hingga siap dipanen.

Komandan Yonkomlek 2 Mar, Letkol Mar Rizal Ikqwan Nusofa memimpin prajurit jajarannya melaksanakan Panen Raya ketahanan pangan masa pandemi covid-19 di Kesatrian Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Selasa(16/06/2020).

Komandan Yonkomlek 2 Mar mengatakan, maksud dari program ketahanan pangan adalah agar tetap terjaganya kestabilan pangan di dalam lingkup satuan untuk menghadapi masa pandemi virus ini.

Komandan Yonkomlek 2 Mar mengatakan, panen bersama tanaman palawija, sayuran, maupun ikan di lahan yang berada di satuan tersebut merupakan hasil dari kerja keras seluruh prajurit Yonkomlek 2 Mar dalam rangka melaksanakan program ketahanan pangan selama 4 bulan terakhir. Hasil dari panen raya tersebut langsung di bagikan secara merata kepada seluruh prajurit Yonkomlek 2 Mar baik Perwira, Bintara, dan Tamtama yang ikut turun langsung untuk memanen hasil kerja bersama selama ini.

“Saya berharap agar ketika menghadapi situasi seperti sekarang, masa pandemi Covid 19, prajurit Yonkomlek 2 Mar mempunyai bekal ilmu untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian keluarga mereka, salah satunya dengan melakukan program ketahanan pangan di rumah masing-masing,” pungkas Komandan Yonkomlek 2 Mar. Ruci Raswa Ruwita (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Berita Terkait