Ekonomi

Dongkrak Ekonomi, 30 UMKM Ikut Serta Ajang BDS

Sebangak 30 UMKM binaan Dinas Koperasi, UMK, Perindustrian, dan Perdagangan Kota dan Kabupaten Serang, ikut serta dalam kegiatan Business Development Services (BDS).

Kegiatan tersebut, digelar oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Serang Barat berkolaborasi dengan KPP Pratama Serang Timur. Puluhan UMKM memamerkan dengan berbagai produk makanan, minuman, dan kerajinan.

Kepala Kanwil DJP Banten Cucu Supriatna mengatakan, bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu komponen yang menyokong perekonomian negara.

Menurut Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, tahun 2021 UMKM menyumbang lebih dari 90% dari total lapangan kerja di Indonesia sekaligus dengan kontribusi lebih dari 60% terhadap produk domestik bruto.

“Begitu berperannya UMKM terhadap perekonomian negara, maka perlu perhatian dari Pemerintah,” ungkap Cucu, kepada awak media, Rabu (22/11/2023).

Cucu juga menyampaikan bahwa dengan BDS, UMKM akan diberikan pemahaman tentang pembukuan sederhana, sehingga UMKM dapat semakin maju karena mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh dan berapa pengeluaran yang diperlukan untuk UMKM dapat semakin berkembang.

”UMKM juga akan diberikan pemahaman tentang apa itu pajak apa manfaat pajak. Hal ini sangat penting tertanam di benak UMKM. Jika UMKM sudah maju dan omsetnya sudah meebihi 500juta dalam kurun waktu satu tahun, barulah UMKM berkewajiban untuk membayar pajak, tarifnya pun hanya 0,5% saja,” tambah Cucu.

Oleh sebab itu, Cucu juga mengimbau agar warga Serang khususnya dapat mengunjungi bazar UMKM dalam rangka BDS KPP Pratama Serang Barat dan KPP Pratama Serang Timur ini. Tak lupa Cucu pun membeli setiap produk yang digelar di Bazar UMKM

Aden Hasanudin / Editor : Abdul Hadi

Aden Hasanudin

SELENGKAPNYA
Back to top button