Founder Tiket.Com Motivasi Soal Bisnis Mahasiswa Business School UPH

Founswe Tiket.Com Motivasi Mahasiswa UPH

Hingga akhir tahun 2017, jumlah pengusaha di Indonesia telah mencapai 3,1% dari total penduduk, angka tersebut telah melampaui standar internasional, yaitu 2%.

Meskipun begitu, jumlah pengusaha di Indonesia masih kalah dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang sudah mencapai 5 hingga 7 persen. Situasi ini dapat dijadikan peluang bagi kalangan muda untuk mencipatakan bisnis sejak dini.

Karena itu, Founder Tiket.com sekaligus alumni Business School Universitas Pelita Harapan (UPH), Dimas Surya Yaputra memotivasi mahasiswa tingkat akhir Business School UPH untuk berani memulai bisnis sejak dini. Hal ini disampaikan dalam Talk Show bertajuk “Dare to Take A Risk” yang digelar pada 23 Agustus 2019 di Kampus UPH Lippo Village. Dalam Talk Show ini juga turut hadir pengusaha muda Peter Shearer yang merupakan Founder Wahyoo.

Sebelum sukses dengan Tiket.com, Dimas sudah menjalankan 3 bisnis lainnya, namun tidak sesuai harapannya. Bahkan, pada 5 tahun pertama Tiket.com berdiri, dia mengaku sama sekali tidak mendapatkan penghasilan. Namun, berkat kegigihan dan kerja kerasnya, akhirnya setelah Djarum mengakuisisi Tiket.com, barulah usahanya berkembang hingga seperti saat ini.

Baca:

Peluang Besar

Ide menciptakan Tiket.com pun tidak lepas dari adanya peluang yang besar di industri travel, “Dulu Jokowi pernah berencana untuk mendirikan 20 airport baru. Dari situ saya melihat akan banyak orang yang berpotensi melakukan perjalanan. Maka terlintas dalam benak saya untuk menciptakan Tiket.com”, ungkap Dimas.

Tidak lupa, Dimas juga memberikan pesan kepada mahasiswa Business School UPH untuk selalu jeli dan pintar dalam mencari kesempatan dan potensi pasar. Hal ini dapat menjadi pondasi yang kuat untuk mengawali sebuah bisnis.

“Entrepreneurship bukan suatu hal yang bisa dipaksakan. Jika melihat peluang maupun potensi, langsung segera lakukan! Jangan mudah menyerah karena kamu tidak akan tahu kapan kesempatan itu akan bersamamu”, tambah Dimas.

Hingga saat ini, Tiket.com telah mencapai 500 rute perjalanan dan telah bekerjasama dengan beragam partner seperti maskapai penerbangan, kereta api, hotel, mobil, dan entertainment. Pelanggan juga menjadi prioritas Tiket.com dengan memberikan kemudahan untuk rencana perjalanan dan pelayanan terbaik selama 24 jam.

Lain halnya dengan Peter Shearer yang saat ini sedang menekuni social entrepreneurship. Melalui Wahyoo, dia memberikan kesempatan bagi warung-warung makanan kecil di Indonesia untuk berkembang. Caranya adalah dengan memberikan edukasi kepada pemilik warung makanan melalui Wahyoo Academy hingga memberikan tambahan modal.

Talk Show kali ini merupakan salah satu bagian dari mata kuliah CAPSTONE yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi dengan praktisi yang sudah mumpuni di bidangnya, dengan mendiskusikan topik penting yang belum terjangkau oleh kurikulum standar. (Siaran Pers Humas UPH)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait