LKBH Fakultas Hukum UPH Beri Bantuan Hukum Gratis kepada LP Kelas IIA Tangerang

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum UPH (LKBH FH UPH) mengumumkan kerjsama dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tangerang dalam pemberian bantuan pelayanan hukum perkara pidana bagi orang miskin/kelompok orang miskin secara pro bono/gratis.

Siaran Pers dari Humas UPH yang diterima MediaBanten.Com, Selasa (16/7/2019) menyebutkan, pelayanan ini diresmikan dalam Perjanjian Kerjasama yang ditandangani pada Selasa, 2 Juli 2019, di Lapas Tangerang.

Kerjasama LKBH FH UPH dengan Lapas Pemuda Tangerang dilatarbelakangi kepedulian untuk memberikan pendidikan bagi warga binaan melalui program ‘Kampus Kehidupan’. Hal ini untuk mendukung program yang ada di Lapas Pemuda Tangerang yang merupakan lapas percontohan untuk lapas di seluruh Indonesia.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh Syamsul Hidayat, Kepala Sub Seksi Registrasi Lembaga P) serta Dr. Velliana Tanaya (Direktur Fakultas Hukum UPH.

Baca:

UU No.16/2011

Layanan yang diberikan LKBH FH UPH ini dilandasi Undang-Undang No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang berhak mendapatkan Bantuan Hukum hingga masalah hukumnya selesai dan/atau perkaranya telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Penerima Bantuan Hukum wajib untuk menyampaikan bukti, informasi, dan/atau keterangan perkara secara benar kepada Pemberi Bantuan Hukum. Syarat dan tata cara pemberian bantuan hukum adalah dengan mengajukan permohonan secaratertulis yang berisi sekurang-kurangnya identitas pemohon dan uraian singkat mengenai pokokpersoalan yang dimohonkan Bantuan Hukum.

Pemohon melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu yangdikeluarkan oleh Instansi Pemerintah yang berwenang misalnya Kelurahan/Kecamatan atau Surat Keterangan Tunjangan Sosial lainnya seperti Kartu Keluarga Miskin, dll. Syarat selengkapnya dapat dilihat pada Peraturan Pemerintah Nomor 42 tahun 2013 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Bantuan Hukum dan Penyaluran Dana Bantuan Hukum.

Universitas Pelita Harapan sangat pro-aktif untuk berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat, pembangunan bangsa, dan peningkatan kualitas hidup manusia dan masyarakat untuk kemuliaan Tuhan. Maka dengan adanya kerja sama ini, diharapkan LKBH FH UPH dapat memberikan pelayanan hukum litigasi kepada warga binaan Lapas Pemuda Tangerang dengan prinsip Prefential Option for the Poor. (Siaran Pers Humas UPH)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait