News

Google Doodle Kenang Sosok Gerald Jerry Lawson, Siapa Dia ?

Karikatur Gerald Jerry Lawson hadir pada Google Doodle pada 1 Desember 2022. Karikatur tersebut menampilkan pria berkulit hitam yang sedang bermain game.

Jika pengguna internet mengklik Google Doodle tersebut, pengguna dapat memainkan berbagai macam game.

Tujuan Google Doodle tersebut untuk memperingati kelahiran Lawson tanggal 1 Desember.

Mengutip situs Google Doodle, Gerlad Anderson lahir di Brooklyn, New York pada 1 Desember 1940.

Pria yang hadir di karikatur tersebut kerap disapa Jerry. Sejak kecil, Lawson gemar mengutak – atik elektronik, memperbaiki televisi di sekitar lingkungan dia hidup.

Dia juga bisa membuat stasiun radio sendiri menggunakan komponen daur ulang.

Gerald berkuliah di Queens College dan City College of New York sebelum memulai karirnya di Palo Alto, California.

Saat itu, kota dan daerah sekitarnya dikenal sebagai “Silicon Valley” atau Lembah Silikon karena banyaknya perusahaan teknologi baru yang inovatif di daerah tersebut.

Gerald Jerry Lawson mengawali karirnya di California, Amerika Serikat (AS). Awal karirnya dia bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik.

Beberapa tahun kemudian, Lawson juga dipromosikan menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild.

Dia memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F, konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang bisa dilepas pasang.

Selain kartrid game, terdapat joystik digital delapan arah, dan menu jeda. Channel F menjadi awal munculnya konsol game seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Namun, pada tahun 1980, Gerarld meninggalkan Fairchild untuk memulai perusahaannya sendiri.

VideoSoft merupakan salah satu perusahaan pengembangan video game pertama milik Lawson.

Perusahaan tersebut, menciptakan game untuk Atari 2600, yang mempopulerkan kartrid game buatan Gerald Lawson dan timnya. Namun, perusahaan itu hanya bertahan lima tahun.

Kendati demikian, dia sukses mencatatkan namanya sebagai pelopor di industri tersebut. Dia juga terus terlibat di beberapa perusahaan video game sepanjang karirnya.

Gerald Jerry Lawson juga mendapat julukan pelopor kaset game atau Bapak Game Modern.

Lebih lanjut, pada tahun 2011, International Game Developers Association mengakui Lawson sebagai perintis di industri permainan.

(*/Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button