Hingga 12 September, Vaksinasi di Kota Tangerang Mencapai 65,4 Persen

Percepatan vaksinasi Covid 19 di Kota Tangerang untuk mencapai herd immunity mulai menunjukan hasilnya. Data Dinas Kesehatan Kota Tangerang per 12 September 2021 untuk dosis 1 sudah 967.386 orang atau 65,4 %. Sedangkan dosis ke 2 diangka 579.287 atau 39,2 %. Target vaksinasi keseluruhan sebanyak 1,4 juta orang.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menuturkan capaian hingga September tersebut merupakan hasil kerjasama Pemkot Tangerang bersama sejumlah elemen TNI, Polri dan masyarakat. Semua elemen itu berupaya untuk mencapai 1,4 juta orang divaksin dengan target waktu hingga Oktober 2021.

“Alhamdulillah Pemkot Tangerang bersama TNI, Polri terus melaksanakan program vaksinasi dan gencarkan testing, tracing dan treatment,” ujar Walikota Tangerang, Senin (13/9).

Wali Kota mengungkapkan, bahwa situasi Covid-19 di Kota Tangerang sudah mulai melandai dengan ditandai angka keterpaparan yang angkanya berada dibawah 30 kasus setiap harinya.

“Dua hari yang lalu yang terpapar hanya 8 orang, walau kemarin sempat di angka 20 akan tetapi masih di bawah 30, mudah – mudahan bisa terus dikendalikan sehingga masyarakat aman dalam beraktivitas,” terangnya.

Walikota juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa menyempatkan diri melakukan vaksinasi yang digelar oleh pemeritah Kota Tangerang maupun vaksinasi yang digelar oleh Polri. Meski September sudah mencapai 65,4%, Walikota mengharapkan pada Oktober 2021 bisa mencapai 100%.

“Kami sudah mendekatkan diri kepada masyarakat untuk pelaksanaan vaksinasi, semoga bisa memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu jauh – jauh mencari sentra vaksinasi,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemkot Tangerang dalam percepatan kekebalan komunal (herd immunity) melakukan strategi vaksinasi dengan hadir lebih dekat di masyarakat. Melalui konsep kegiatan Gebyar Vaksin, vaksinasi akan dilakukan di 1017 rukun warga (RW) yang ada di 104 kelurahan (Baca: Genjot Herd Immunity, Pemkot Tangerang Akan Gelar Vaksinasi Setiap RW)

Baca Juga:   Pengendara Kota Tangerang Beri Hormat Detik-detik Pengibaran Bendera

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meninjau lokasi vaksinasi gebyar vaksin di balai warga RW 12, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang mengatakan saat ini pelaksanaan vaksinasi serentak di lakukan di 84 Kelurahan dan akan terus ditingkatkan.

“Kami itu teknisnya ke depan ini per RW. Kami sudah petakan ada 117 RW di 104 Kelurahan. Nah hari ini kami mulai kegiatan. Dari 104 kelurahan ada di 84 lokasi. Di sini masih dikumpulin, kedepannya ada di tiap-tiap RW, agar satu RW itu benar-bernar semuanya tervaksin,” ujar Walikota ditemui di lokasi, Senin (6/9/2021).

Ia menambahkan, gebyar vaksin ini mengusung konsep pendekatan vaksin ke warga dan jika jaraknya masih jauh nanti petugas yang akan mendatangi langsung. “Nanti petugasnya akan kami tambah,” imbuhnya.

Walikota mengungkapkan, pihaknya melakukan vaksinasi hingga di tingkat RW lantaran masih menditeksi ada warga yang belum mendapatkan vaksin. Untuk pelaksanaan vaksinasi ini sendiri terus digulirkan hingga mencapai target dan digelar mulai Senin hingga Jumat, setiap hari (Reporter: Eky Fajrin / Editor: IN Rosyadi)

Berita Terkait