Kesehatan

Kota Tangerang Perluas Vaksinasi, Unika Atma Jaya Target 50.000 Orang

Pemkot Tangerang mulai melebarkan vaksinasi ketiga atau booster untuk pengemudi kendaraan umum. Ini mengantisipasi angka kasus Covid 19 yang cenderung naik di Kota Tangerang mulai Selasa (25/1/2022).

Sedangkan Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya di BSD, Cisauk, Kabupaten Tangerang menyelenggarakan vaksin Covid19 booster bagi warga sekitar dengan prioritas orang lanjut usia (lansia). Total target penerima vaksin sebanyak 50.000 jiwa dengan menggunakan vaksin jenis Pfizer.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, para pengemudi kendaraan umum menjadi salah satu sasaran prioritas vaksin booster mengingat tingginya interaksi yang dilakukan dengan masyarakat dalam kegiatan sehari – hari.

“Selain itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpangnya,” jelas Walikota.

Diselenggarakan di terminal Poris Plawad, pada hari pertama menargetkan penerima vaksin sebanyak 600 orang mulai dari pengemudi Bus Tayo, angkot Si Banteng, bus antar daerah, angkutan antar daerah, ojek online hingga penumpang dan pedagang disekitar Terminal Poris Plawad.

Kepala Dinas Kesehatan Dini Anggraeni menuturkan, perluasan kategori sasaran juga ditujukan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi harian. Pasalnya, Kota Tangerang siap dan mampu melakukan vaksinasi 25 ribu hingga 40 ribu dosis per hari.

“Dengan itu, vaksinasi dosis satu, dua dan booster terus kita gelar dan kita perluas kategori sasarannya. Pastinya, masyarakat Kota Tangerang mulai umur 18 tahun ke atas sudah bisa menerima vaksinasi booster. Terpenting, sudah enam bulan sejak dosis kedua dan diprioritaskan lansia dan masyarakat rentan,” tegas Dini, Selasa (25/1/2022).

Salah seorang pengemudi angkot Si Benteng Dadang mengaku antusias mengikuti vaksinasi booster dengan harapan dapat beraktifitas tanpa hambatan dan selalu terjaga kesehatan ditengah kondisi saat ini.

“Saya datang untuk vaksin bukan sekadar perintah perusahaan, tapi memang saya merasa penting booster ini. Terimakasih juga, sudah dibuka gerai khusus yang mempermudah kita mendapat vaksinasi booster. Semoga semua pengemudi lebih sehat dan kuat,” pungkasnya.

Capaian vaksinasi di Kota Tangerang hingga tanggal 24 Januari 2022 telah mencapai angka 1.572.084 orang untuk dosis satu, 1.134.487 orang untuk dosis dua, dan sebanyak 46.437 orang untuk dosis tiga.

Rektor Unika Atma Jaya, A Prasetyantoko (kiri) melihat proses vaksinasi booster. Foto: Eky Fajrin

Aksi Atma Jaya

Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya di BSD, Cisauk, Kabupaten Tangerang menyelenggarakan vaksin Covid19 booster bagi warga sekitar dengan prioritas orang lanjut usia (lansia). Total target penerima vaksin sebanyak 50.000 jiwa dengan menggunakan vaksin jenis Pfizer.

A Prasetyantoko, Rektor Unika Atma Jaya mengatakan, melalui kegiatan vaksinasi booster menjadi aksi nyata komitmen Unika Atmaja Jaya dalam mengatasi persoalan atau tantangan saat ini.

Unika Atma Jaya memiliki modal karena ada fakultas kedokteran yang dalam pelaksaan vaksinasi para tenaga kesehatan nya berasal dari para alumni kampus.

“Kami merasa ini tanggung jawab kita dan panggilan kita. Karena kita punya modal untuk terjun baik jaringan, tenaga medis dan pengetahuan,”ujarnya saat ditemui usai memantau jalannya vaksinasi, Selasa (25/1/2022).

Rektor melanjutkan, dalam pelaksanaannya digelar di tiga titik lokasi kampus. Di kampus 3 Atma Jaya BSD, kampus 2 di Pluit dan kampus 1 di Semanggi. Adapun pelaksananya bisa ditargetkan selesai hingga Februari mendatang.

“Orientasi kami dalam pelaksanaanya untuk mempercepat penerimaan vaksin booster oleh masyarakat. Dan ini merupakan kontribusi konkret kami untuk bangsa ini supaya bisa segera memitigasi Pandemi dan berlangsung bisa pulih,”ujarnya.

Dokter Bimantaro selaku koordinator kegiatan yang juga mewakili alumni Unika Atma Jaya menyampaikan, dukungan penuh diberikan para alumni mulai dari proses pendaftaran hingga vaksinasi.

Untuk itu dalam pelaksanannya kali ini bekerjasama dengan aplikasi prosehat. Selesai vaksinasi juga disediakan nomor layanan KIPI yang bisa diakses oleh penerima vaksin jika mengalami keluhan.

“Untuk KIPI kita sediakan chat dokter 24 jam melalui aplikasi pro sehat,”terangnya.

Salah satu penerima vaksin Elijana (86) mengatakan dengan vaksin booster berharap dapat diberikan selalu kesehatan dan terjaga dari keparahan jika terpapar Covid19.

“Dengan vaksin booster ini saya dan kami berharap diberikan kesehatan selalu dan Pandemi bisa segera berakhir,”pungkasnya. (Reporter: Eky Fajrin / Editor: Imann NR)

Eky Fajrin

SELENGKAPNYA
Back to top button