Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Mulai Beri Vaksin Ke Ibu Hamil

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mulai melaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil. Pelaksanaan dilakukan serentak di 38 Puskesmas di Kota Tangerang. Tangerang, Kamis (19/8).

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil di Kota Tangerang menargetkan 3.157 orang. Adapun untuk pelaksanaan vaksinasi pada tahap pertama dilakukan di tiga puskesmas dan di satu RSUD Kota Tangerang.

Ke depan, secara bertahap vaksinasi wanita hamil akan dilakukan di 38 Puskesmas dan 32 rumah sakit. Semua fasilitas kesehatan itu nantinya akan melakukan percepatan vaksinasi, bahkan untuk itu juga telah bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

“Kalau berdasarkan angka kelahiran tahunan, ada 38 ribu. Nah itu merupakan target total dalam satu tahun, untuk saat ini kita kejar target sasaran 3.157 wanita hamil,” ungkap Arief R Wismansyah di Puskesmas Karawaci Baru saat meninjau pelaksanaan vaksinasi ibu hamil, Kamis (19/8/2021).

Walikota pun mengungkapkan melalui petugas kesehatan yang ada, warga yang hamil dimotivasi untuk mau di vaksin karena bertujuan untuk mengurangi risiko keburukan jika terpapar. “Kalau untuk angka kematian ibu hamil secara nasional itu tinggi, kalau di Kota Tangerang tercatat lima orang yang meninggal karena covid,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menambahkan, jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi ibu hamil ini yakni sinovac. Kemudian dalam mengantisipasi gejala pihaknya sudah memiliki tim KIPI yang terdiri dari dokter spesialis.

“Misalnya ada KIPI paska vaksin maka akan ditangani lebih dulu di faskes yang melakukan vaksinasi, namun apabila tidak bisa putus maka bisa naik ke Pokja kota,”katanya

Pihaknya secara ketat melakukan skrining dengan ketat kepada ibu hamil yang akan di vaksin. Untuk itu, dalam pelaksanaan vaksinasi ini bekerjasama dengan FOGI.

Salah seorang ibu hamil , Titi Widyastuti (32) mengaku sempat khawatir sebelum di vaksin namun berbekal motivasi dari kader kesehatan dirinya yakin untuk ikut vaksinasi covid 19.

“Tadi saat mau di vaksin spet deg-degan, tapi Alhamdulillah lancar. Semoga dengan vaksin ini saya dan anak saya lebih kuat ditengah Pandemi ini,”pungkasnya. (Reporter: Eky Fajrin / Editor: IN Rosyadi)

Eky Fajrin

SELENGKAPNYA
Back to top button