Ini 7 Manfaat Kulit Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

kulit jeruk

Tahukah, vitamin C yang terkandung dalam buah Jeruk justru terbanyak bukan pada isinya, tetapi pada kulit Jeruk? Pada isi buah Jeruk, menurut penelitian, kandungan vitamin C hanya 71 miligram. Sedangkan vitamin C pada kulit Jeruk sebesar 136 miligram.

Tentu saja, banyak orang yang tidak suka atau jarang mengkonsumsi secara langsung kulit Jeruk. Rasanya pahit dan agak menyengat di lidah. Namun kulit Jeruk bisa diolah dengan berbagai cara supaya enak dikonsumsi. Kulit jeruk bisa diseduh seperti teh, manisan, sambal, acar dan sebagainya.

Para peneliti makanan menemukan manfaat kulit jeruk sebagai berikut;

1. Baik untuk jantung

Flavonoid yang terkandung dalam kulit Jeruk bermanfaat untuk jantung. Flavonoid disebut hesperidin dan antiinflamasi. Sebuah penelitian menunjukan, diet dengan tambahan buah Jeruk (terasuk kulitnya) menawarkan perlindungan melawan penyakit kardiavaskular karena folat.

Polymethoxylated flavones pada kulit jeruk bisa menurunkan kolesterol lebih efektif daripada obat kolesterol biasa. Kehadiran komponen hesperidin bisa menurunkan tekanan darah diastolik. Kemajuan ini bisa terlihat setelah 2-3 minggu konsumsi kulit jeruk.

Baca:

Flavonoid

2. Antikanker

Flavonoid pun bisa berfungsi sebagai antikanker. Flavonoid pada kulit jeruk bermanfaat untuk menghalangi kinerja protein RLIP76, protein yang berhubungan dengan obesitas dan kanker. Penelitian pada tikus membuktikan saat protein RLIP76 dihilangkan, tikus tidak mengalami obesitas dan tidak terkena diabetes, kolesterol tinggi dan kanker. Hasil studi membawa harapan baru pada manusia.

3. Menyehatkan paru-paru

Kandungan vitamin C yang kaya bisa membantu memecah dahak dan membersihkan paru-paru. Vitamin C juga bisa meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit sehingga membantu perlindungan paru-paru dari infeksi. Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk mengatasi flu dan demam.

4. Bantu turunkan berat badan

Sedang menjalankan program diet? Masukkan jeruk beserta kulitnya ke dalam menu harian Anda. Manfaat kulit jeruk bisa membantu menurunkan berat badan. Jeruk memiliki kalori rendah sehingga bisa dikonsumsi tanpa takut menaikkan berat badan.

Jeruk plus kulitnya pun memiliki kandungan serat sehingga mengontrol nafsu makan. Perut terasa kenyang lebih lama sehingga menjauhkan Anda dari keinginan makan snack terlalu banyak. Kandungan vitamin C membantu tubuh membakar lemak.

5. Menghancurkan batu ginjal

Manfaat kulit jeruk bisa untuk membantu menghancurkan batu ginjal. Kulit jeruk mengandung komponen D-limonene kemudian komponen ini dipadukan dengan konsentrasi jus cranberry. Metode terbukti bisa melarutkan batu ginjal.

Kulit jeruk pun mengandung antiseptik dan antijamur sehingga bisa membantu menyembuhkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal.

6. Jadi toner

Kulit kusam dan tampak kurang bercahaya? Gunakan saja kulit jeruk sebagai toner. Ekstrak kulit jeruk yang dilarutkan bersama susu bisa digunakan sebagai toner. Campuran ini pun bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat atau noda hitam.

7. Mengatur gula darah

Bagi penderita diabetes, konsumsi kulit jeruk bisa membantu mengatur kadar gula darah. Kulit jeruk mengandung pektin atau serat yang membantu mengatur gula darah. Studi menunjukkan terapi dengan ekstrak kulit jeruk bisa mencegah diabetes neuropati.

(IN Rodyadi / berbagai sumber)

Berita Terkait