Ini Tahapan Setelah Daftar Calon Panwascam Kabupaten Serang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang akan mengumumkan pendaftar yang lulus seleksi administrasi sebagai Panitia Pengawas Pemilih Kecamatan (Panwascam) pada tanggal 12 Desember 2019.

Demikian dikemukakan Ari Setiawan, Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Serang, kemarin.

Menurit Ari, peserta lulus seleksi administrasi itu dijadwalkan mengikuti tes CAT dan wawancara pada tanggal 13-17 Desember 2019. Hasilnya, para.Panwascam akan dikantik tanggal 23 Desember 2019.

Sebelumnya, pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Serang pada Pilkada tahun 2020, dibanjiri peminat.

Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Serang telah membuka pendaftaran Panwascam selama satu pekan, terhitung sejak sejak Rabu (27/11/2019)-Selasa (3/12/2019).

Tercatat, ada 371 pendaftar yang mengikuti seleksi rekrutmen Panwascam Kabupaten Serang.

“Sampai dengan hari akhir penyerahan berkas pendaftaran, ada 371 dari 29 Kecamatan,” kata Ari Setiawan, Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Serang,

Dari 371 pendaftar, diantaranya 338 laki-laki dan 33 perempuan. Terhitung Kecamatan Pontang paling terbanyak diminati, yakni ada 24 pendaftar, dan yang paling sedikit ada di Kecamatan Anyer dan Cikeusal, dengan jumlah masing-masing 7 pendaftar.

Ari mengharapkan, seleksi Panwascam menghasilkan para penyelenggara yang memiliki kualitas dan integritas tinggi.

“Paling tidak memiliki pengalaman dibidang kepemiluan, yang bisa mengisi posisi nanti di Pengawas Kecamatan. Tapi yang paling penting bagaimana temen-temen Pengawas Pemilu ini menjaga netralitas, sebagai penyelenggara Pemilu, apalagi sebagai Pengawas. Karena posisinya sebagai tugas untuk melakukan pengawasan,” harapnya.

Nantinya Panwascam tersebut akan dilantik pada 23 Desember 2019 untuk ditempatkan masing-masing 3 orang per kecamatan. Kecamatan di Kabupaten Serang berjumlah 29. (Menyenaw)

Berita Terkait