Peristiwa

Momen Al Muktabar Saat Renungan Suci Makam Pahlawan Ciceri

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Ciceri, Kota Serang berharap momentum Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 dimaknai untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang.

Momentum ini juga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melanjutkan suatu pembangunan baik di daerah maupun nasional.

“Ini bagian mengenang pahlawan yang telah mendahului kita, dan dapat dijadikan pedoman untuk melanjutkan dedikasi para pahlawan dalam membangun Indonesia, khususnya Provinsi Banten,” ungkap Al Muktabar seusai mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Ciceri, Kota Serang, Rabu dini hari (17/8/2022).

Apel Penghormatan dan Renungan Suci tersebut merupakan suatu rangkaian peringatan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Banten tahun 2022.

“Kami memanjatkan doa atas segala perjuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia, 77 tahun merupakan waktu yang tentu cukup panjang,” katanya.

Al Muktabar meminta kepada generasi muda agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan dan terus dapat mengenang jasa para pahlawan.

“Bila generasi muda memiliki sikap-sikap itu, maka kita yakin bangsa ini akan terus berjalan. Kita menitipkan itu kepada generasi muda,” tuturnya.

Ketua DPRD Provinsi Banten, Andra Soni berharap di 77 tahun Indonesia Merdeka ini dapat dijadikan sebagai momentum bersama-sama untuk mencapai apa yang telah dicita-citakan oleh para pahlawan.

“Untuk mengisi kemerdekaan ini bagaimana upaya kita untuk mencapai tujuan kemerdekaan yaitu menyejahterakan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Apel Penghormatan dan Renungan Suci dipimpin langsung oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol. Ery Nursatari, dan turut dihadiri oleh Anggota Forkopimda Provinsi Banten, Kepala OPD di lingkungan Provinsi Banten, serta tamu undangan lainnya.

Sebelumnya, Al Muktabar mengikuti Peringatan Upacara Taptu oleh jajaran Korem 064/Maulana Yusuf di gerbang utama Pendopo Lama Gubernur Banten, Selasa malam (16/8/2022).

Tradisi kemiliteran sejak menjelang Hari Kemerdekaan untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan negara.

Peringatan Upacara Taptu juga dirangkaikan dengan Pawai Obor yang diikuti oleh peserta dari TNI/Polri, Siswa SMA/SMK, serta masyarakat di Kota Serang. Pawai menempuh rute sepanjang 3 KM berkeliling di sekitar Kota Serang.

Al Muktabar mengatakan, Upacara Taptu ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menjelang HUT RI Ke-77.

Al Muktabar menambahkan, Upacara Taptu ini diharapkan bisa menjadi bahan renungan untuk diri kita, sehingga lebih menghargai lagi atas jasa-jasa para pahlawan Kemerdekaan RI yang telah gugur mendahului kita. (Biro Adpim Banten / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button