Parlemen

Odong-odong Ditabrak KA, Kemenhub Harus Tanggung Jawab

Anggota DPR RI asal Banten, Nuraeni meminta Kementrian Perhubungan (Kemenhub), PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan pemerintah daerah tidak lepas tanggung jawab dalam peristiwa mobil Odong-odong ditabrak KA yang menewaskan 9 orang.

Peristiwa kecelakaan itu terjadi pada Selasa siang (26/7/2022) di perlintasan KA Desa Silebu, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.

“Berbagai pihak berkaitan dengan transportasi KA itu tidak boleh lepas tanggung jawab begitu saja,” kata Nuraeni, anggota DPR RI asal Banten saat di rumah duka korban mobil Odong-odong ditabrak KA, Rabu (27/7/2022).

Menurut Nuraeni, seharusnya seluruh institusi yang berwenang menangani perlintasan kereta api harus tanggung jawab atas peristiwa tersebut.

Mereka harus mengambil kebijakan secepatnya demi keamanan dan keselamatan masyarakat diperkirakan sebidang tersebut.

“Sangat miris, ada perlintasan kereta api yang tidak di iringi dengan sistem keamanan PT KAI, ini bentuk kelalaian atau tidak perduli terhadap situasi perkembangan jumlah penduduk dan dari sisi pembangunan,” kata Nuraeni.

Nuraeni menerangkan, untuk di lokasi tabrakan kereta api, kerap terjadi kecelakaan.

Dia juga memastikan Fraksi Demokrat di DPR RI akan mendorong Kemenhub dan PT KAI untuk membangun keamanan atau memasang palang pintu di setiap perlintasan kereta api yang ramai dilalui masyarakat.

“Fraksi kami disana siap mendorong apa yang saya sampaikan. Harusnya sudah mulai jeli PT KAI untuk melakukan pengawasan rute mana saja yang jadi perlintasan kereta api di tanah air,” terangnya.

Wanita yang kerap disapa Wadon Banten itu menyarankan untuk dibangun palang pintu sementara demi keamanan masyarakat, agar tidak kembali terulang kejadian serupa. Palang pintu sementara itu nantinya nantinya dijaga oleh masyarakat sekitar.

“Jangka panjangnya bagaiman kementrian, daerah, memetakan lintasan lintasan kereta api yang selama ini membahayakan penduduk sekitar,” ujarnya. (Aden Hasanudin / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button