Partai Demokrat Banten Buka Pendaftaran Bacaleg Tanpa “Bandrol”

Foto: Istimewa

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Banten menyelenggarakan Launching Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tahun 2019 di Hotel Le Dian, Kota Serang, Sabtu malam, (17/3/2018). Kegiatan inipun dihadiri pengurus dan kader Demokrat se-Banten.

Iti Octavia Jayabaya, Ketua DPD Partai Demokrat Banten mengatakan, untuk pendaftaran para bakal calon legislatif (Bacaleg) khusus untuk di tingkat DPD Banten telah dibuka disarankan agar bagi siapa saja yang akan mencalonkan diri untuk segera mendaftarkan diri ke kantor  DPD Partai Demokrat Banten.

“Bagi teman-teman yang ingin bergabung dengan partai Demokrat, kami sudah membuka pendaftaran dan silahkan datang ke kantor DPD yang berada di daerah Cipocok, Kota Serang,” ujarnya.

Adapun persyaratan Bacaleg, Iti memaparkan yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), bukti dukungan dari masyarakat, ijazah, pengalaman Bacaleg. Selain itu, partai akan mengadakan fit and proper terst, di antaranya bacaleg diwajib membuat makalah. Adapun mengenai target kursi disesuaikan dengan jumlah kuota kursi yang berada disetiap dapil, dan tidak ada bandrol.

Baca: Komunitas BJS Protes Soal Tagline “Aje Kendor” Oleh Paslon Pilkada Kota Serang

“Nanti untuk penentuan nomer kita akan melakukan suvey, dan untuk pengujinya sendiri akan melibatkan kaum akademisi. Untuk syarat tersebut itu berlaku bagi para bacaleg yang baru ataupun yag lama. Namun untuk target kursi ya pengennya sebanyak banyaknya,” kata iti.

Ketua DPD Partai Demokrat Banten menilai, pihaknya mempunyai peluang besar untuk memenuhi kuota keterwakilan perempuan. “Saatnya perempuan untuk terjun ke politik, biar saya ada temennya,” ungkap wanita mantan Bupati Lebak itu dengan tertawa.

Ia juga menghimbau kepada para kader DPD Partai Demokrat Banten untuk bagaimana partainya bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat, dan tidak menjadi partai elitis. Pasalnya, partanya merupakan partai tengah yang bisa masuk kesemua pihak.

“Kita harus door to door kepada masyarakat, menyampaikan program partai demokrat, menerima aspirasi, intinya partai demokrat hadir untuk memberi solusi,” imbuhnya. (Sofi Mahalali)

Berita Terkait