Sosial

Pemkot Serang Baru Bangun Markas PMI Tahun 2023

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengaku baru akan membangun gedung Markas PMI Kota Serang pada tahun 2023. Markas itu nantinya memiliki fasilitas unit donor darah (UDD).

“Terkait UDD Pemkot Serang baru menetapkan lokasinya, nanti tinggal tahapan pembangunannya,” ucap Subadri Ushuludin, Wakil Walikota Serang, Kamis (20/1/2022).

Menurut Politisi PPP tersebut, pihaknya telah menyiapkan tiga tempat calon markas PMI Kota Serang tersebut.

FS (Feasibility Study) atau Study Kelayakan dan DED (Detailed Engineering Design)-nya mungkin tahun 2023. FS 3 lokasi, yakni di Tritih, RSUD, dan sekitaran stadion. Diharapkan hasil DED juga ditindaklanjuti secara cepat,” jelasnya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang, Adde Rosi Khaerunnisa yang juga isteri Andika Hazrumy, Wagub Banten mengaku, pihaknya menerima dimana saja tempat untuk UDD.

“Kalau tempat kami sedikasihnya saja oleh Pemkot, cuma memang idealnya dekat dengan masyarakat,” ucap Adde

Adde menjelaskan, saat ini Pemkot Serang melalui Dinas PUPR telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan UDD.

“Penempatan lokasi lahan alhamdulillah telah diterima suratnya di tahun kemarin, dan di tahun ini sudah dianggarkan PUPR sekitar Rp500 juta untuk land cliearing,” ucapnya.

Ade menjelaskan, karena dianggarkan perubahan tidak mungkin menganggarkan besar pembangunanya. Maka pihaknya akan menunggu di tahun 2023.

“Ada skema lain karena urgent, mengingat kebutuhan donor darah masyarakat Kota Serang tinggi. Maka membangun UDD secara bertahap, kami bisa menyewa tempat atau memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Pemkot Serang,” ujarnya.

Adde mengaku, ingin secepatnya UDD terbangun, karena di daerah lain ada juga gedung UDD yangs sederhana tapi fasilitasnya lengkap.

“Saya datang donor ke UDD Kab Serang, saya lihat tempatnya tidak terlalu mewah tapi alat dan fasilitasnya lengkap,” ujarnya.

“Kami akan adopsi sambil menunggu kebutuhan anggaran yang cukup besar untuk pembangunan gedung UDD berikutnya,” katanya.

Adde mengungkapkan, urgensi UDD ini sangat penting karena laporan stok darah tipis sementara lebutuhan banyak. (Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button