Ekonomi

Pengiriman Paket Melalui Kantor Pos Serang Naik Selama Nataru

Kantor Pos Serang mengalami peningkatan volume pengiriman paket selama Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Manager Layanan Kantor Pos Serang, Setiadani mengatakan, sejak dua pekan terakhir pengiriman paket mengalami peningkatan.

“Di Desember ini terjadi peningkatan di bisnis semua layanan pos, baik surat, pembayaran sampai pengiriman. Di normal paling 15 ribu paket, kalo sekarang 19 ribuan,” katanya saat ditemui di Kantor Pos Serang, Rabu (29/12/2021).

Menurutnya, di setiap momen hari-hari besar seperti Nataru, terjadi lonjakan pengiriman paket.

“Nataru atau hari besar lainnya memang kerap terjadi peningkatan, karena banyak masyarakat yang menngirimkan ke saudara-saudaranya,” ujarnya.

Saat ini, sambungnya, pihaknya juga telah mempermudah layanan dengan membuka layanan pos pay dan pos aja.

“Pos aja sudah bisa mengirimkan paket menggunakan aplikasi, biar nanti petugas yang akan menjemputnya,” katanya.

Sementara masyarakat pembayaran rutinitas bisa langsung menggunakan layanan pos pay.”jadi bisa download di google play store,” katanya.

Dia menambahkan, pada saat Nataru, Kantor Pos Serang tetap akan buka melayani masyarakat.

“Di beberapa daerah kantor pos buka 24 jam, tetapi kantor pos di Serang buka dari pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB. sementara di hari libur nasional tutup pukul 20.00 WIB,” katanya.

Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik.

Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).

Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro).

Pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.

Jejaring Pos Indonesia sudah memiliki lebih dari 4.800 Kantorpos, serta dilengkapi electronic mobile pos di beberapa kota besar.

Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.

(Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button