Internasional

Polda Banten Lakukan Sterilisasi Gereja HKBP Serang Jelang Misa Natal

Unit Jihandak Satbrimob dan Unit K9 Ditsampata Polda Banten melakukan sterilisasi Gereja HKBP Serang yang terletak di samping Alun-Alun Kota Serang, menjelang misa Natal 2021, Jumat (24/12/2021).

Personel Polda Banten mengawali dengan apel pengarahan di Halaman Gereja tersebut. Kemudian mulai memeriksa dari lantai paling atas hingga lantai bawah.

Selain dengan perlengkapan lengkap, anjing pelacak juga dilibatkan dalam pemeriksaan atau sterilisasi gereja tersebut menjalang misa Natal.

Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga mengatakan, saat ini dilakukan sterilisasi dan pengecekan terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan untuk memastikan aturan dalam Inmendagri nomor 66 dapat terimplementasi dengan baik di gereja tersebut.

“Kami lihat kapasitas di Gereja ini yang disediakan 900 tempat duduk, kapasitas tersebut sudah sesuai dengan 75 persennya. Dari hasil sterilisasi juga tidak ditemukan benda-benda mencurigakan, begitu juga dengan pengindraan dari K9 tidak menemukan hal-hal mencurigakan,” kata Shinto saat diwawancara.

Shinto berharap pelaksanaan Kebaktian Malam Natal dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

“Pelaksanaan protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 dari Gereja HKBP ini, kita optimis bahwa pelaksanaan kegiatan Kebaktian Malam Natal pada hari ini dapat berlangsung dengan baik di Gereja ini dan Gereja lainnya yang ada di wilayah Polda Banten,” harap Shinto.

Shinto menambahkan, Satbrimob Polda Banten menurunkan 40 personel dari Unit Jibom Detasemen Gegana yang dibagi menjadi 5 tim untuk melaksanakan sterilisasi Gereja di wilayah hukum Polda Banten. Kemudian dari Ditsamapta Polda Banten turut menurunkan Unit K9 untuk membantu proses sterilisasi Gereja.

“Adapun sebanyak 1276 personel Polda Banten turun untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dalam rangkaian Natal dan Tahun Baru,” kata Shinto. (Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button