Hukum

Polda Banten Siapkan Pengamanan Lebih 10.000 Buruh Demo di KP3B

Buruh Banten akan kembali menggelar demonstrasi pada Rabu, 5 Januari 2021 di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B). Polda Banten juga sudah menyiapkan rencana pengamanannya.

Kali ini, demonstrasi buruh akan dibantu dan didukung oleh mahasiswa Banten untuk menuntut kenaikan UMK dan membebaskan enam kawan buruh dari segala tuntutan hukum tanpa syarat.

Selain KP3B yang menjadi lokasi pengamanan, rumah dinas (rumdin) Gubernur Banten yang berada di pusat Kota Serang juga akan dijaga ketat oleh kepolisian.

“Selain di KP3B, agar pengamanan dipersiapkan di rumah dinas Gubernur Banten, antisipasi massa aksi ke rumah dinas Gubernur, sehingga penting untuk mengikuti dinamika informasi di lapangan,” kata Kapolda Banten, Irjen Rudy Heriyanto, Selasa (4/1/2022).

Buruh yang akan berdemonstrasi diperkirakan mencapai 10.000 massa yang berasal dari delapan kabupaten dan kota di Banten. Wakapolda meminta personilnya benar-benar menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengamanan dengan baik, agar tidak ada kesalahan.

Satpol PP dari Provinsi Banten akan dilibatkan dalam pengamanan aksi unjuk rasa buruh dan mahasiswa. Seluruh akses masuk dan keluar KP3B dan rumdin Gubernur Banten akan diperiksa untuk memudahkan pengamanan.

“Mobil public address harus ditempatkan dengan tepat sehingga dapat digunakan untuk sosialisasi agar aksi taati prokes, tertib dan sekaligus dapat digunakan untuk memberikan perintah secara terpusat dari Kapolres Serang Kota dalam resolusi masalah yang terjadi di lapangan,” kata Wakapolda Banten, Brigjen Pol Ery Nursatari. (Reporter: Yandhi Deslatama / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button