News

Presiden Jokowi Dan Presiden Filipina, Bahas Isu Bilateral

Presiden Jokowi menggelar pertemuan bersama Presiden Filipina, Ferdinand Romualdez Marcos Jr. Pertemuan tersebut membahas bilateral, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (05/09/2022).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi, menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi kepada Presiden Filipina, Marcos Jr.

Presiden Jokowi meyakini kunjungan ini akan mempererat hubungan Indonesia – Filipina.

“Suatu kehormatan menerima kunjungan luar negeri yang pertama yang mulia. Ini menegaskan hubungan bilateral kedua negara, di bawah kepemimpinan yang mulia. Saya percaya hubungan kedua negara, Indonesia – Flipina akan semakin erat,”ujarnya.

Kemudian, Joko Widodo menyampaikan ucapan dukacita atas wafatnya Presiden Filipina ke 12, Fidel Ramos, Bulan Juli lalu.

Kunjungan ke Indonesia kali ini, merupakan kunjungan luar negeri pertama Presiden Marcos Jr. Sejak dilantik pada Juni lalu.

Presiden Filipina mengatakan pemilihan Indonesia antara lain didasari kedekatan Indonesia secara geografis dan budaya maupun etnis.

“Saya memilih Indonesia, Jakarta, menjadi kunjungan kepresidenan pertama saya karena berbagai alasan. Salah satunya adalah bahwa kita dekat dalam hal, tidak hanya dalam hal lokasi geografis tetapi kita dekat dalam hal budaya.”ujarnya. Dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/9/2022).

Dia pun mengatakan ini akan menjadi kemitraan yang kuat dan seiring secara perlahan keluar dari ekonomi pandemi.

Marcos Jr menyampaikan, ucapakan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Pemerintah Indonesia atas undangan dan kehangatan yang dia terima.

“Meskipun saya baru pertama kali ke Jakarta, kami melihat – lihat dan saya merasa seperti dirumah sendiri. Itu karena Anda begitu hangat, Anda telah menyambut kami dengan sangat hangat,”ujar Marcos Jr.

Presiden Filipina, mengapresiasi kemitraan panjang yang telah terjalin antara kedua negara. Indonesia – Filipina yang akan merayakan 75 tahun kemitraan pada tahun 2024.

“Kami sekali lagi berterima kasih atas keterbukaan Anda yang telah menerima kami dan kesediaan yang Anda tunjukkan untuk memperkuat hubungan antara Filipina dan Indonesia, yang sesuai dengan harapan kami dan yang akan kita kerjakan bersama,” katanya .

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button