Internasional

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Ke Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri (PM) Malaysia terpilih, Anwar Ibrahim, melalui sambungan telepon dari Istana Kepresidenan Bogor, pada Kamis malam, 24 November 2022.

Joko Widodo berharap segera bertemu untuk memperkokoh hubungan bilateral ekonomi maupun persoalan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

“Atas nama pemerintah, atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri kesepuluh Malaysia,” ucap Presiden Jokowi dalam siaran pers yang dikutip MediaBanten.Com, Jumat (25/11/2022).

Menurut Presiden Jokowi, Anwar Ibrahim adalah sosok yang dikenal luas di Indonesia dan dihormati oleh rakyat Indonesia.

Presiden Jokowi meyakini bahwa di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Malaysia Ke-10, hubungan baik Indonesia-Malaysia akan makin maju.

“Saya berharap kita dapat berjumpa segera untuk membahas upaya memperkokoh hubungan bilateral kita, baik ekonomi, masalah perbatasan, mengenai perlindungan warga negara kita,” ungkap Presiden Jokowi.

Dalam perbincangan tersebut, Perdana Meneri Malaysia Ke-10 mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat dari Presiden Jokowi.

“Terima kasih, saya anggap ini suatu penghormatan di antara yang paling awal menelepon. Ini menunjukkan bahwa saya kekal sahabat sejati Indonesia,” ujar PM Anwar Ibrahim.

Perdana Menteri Malaysia Ke-10 pun berharap hubungan perdagangan, investasi, budaya, dan persahabatan Indonesia-Malaysia dapat terus ditingkatkan.

“Saya mengharapkan hubungan perdagangan atau business, investasi, dan budaya, persahabatan, insyaallah dapat kita tingkatkan,” ucap PM Anwar.

Di akhir perbincangannya, Presiden Jokowi mendoakan agar Perdana Menteri Malaysia Ke-10 diberikan kekuatan dan kemudahan oleh Allah SWT dalam memimpin Malaysia. “Seluruh rakyat Indonesia mendoakan,” ujar Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Anwar Ibrahim akhirnya disumpah sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10 atau yang baru setelah Raja Malaysia al Sultan Abdullah Riyatuddin Al Mustafa Billah Shah bersama 9 raja lainnya menyetujuinya, Kamis sore (24/11/2022) (Baca: Anwar Ibrahim Resmi Dilantik Perdana Menteri Malaysia Ke-10).

Pemilihan Umum Malaysia untuk memilih Perdana https://mediabanten.com/anwar-ibrahim-resmi-dilantik-perdana-menteri-malaysia-ke-10/Menteri (PM) sempat menemui kebuntuan, disebabkan suara calon baik Anwar Ibrahim maupun Muhyidin Yassin (incumbent / patahana) tidak mendapatkan suara yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan.

“Setelah mempertimbangkan pandangan Yang Dipertuan Agung Pemimpin Malaysia, Raja telah memberikan persetujuannya untuk menunjuk Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10,” sebut pernyataan dari Istana Negara pada Kamis, dikutip dari BBCIndonesia.

Koalisi Pakatan Harapan pimpinan Anwar Ibrahim memperoleh 82 kursi parlemen, disusul Perikatan Nasional 73 kursi. Sedangkan Barisan Nasional yang berkuasa merosot ke peringkat tiga dengan 30 kursi parlemen. Masih ada satu daerah pemilihan yang belum dihitung.

(BPMI Satpres RI / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button