Ekonomi

Sidak Walikota Serang ke Pasar Lama Diwarnai Ribut Antar Pedagang

Pedagang eks Taman Sari dan pedagang eks Pasar Lama saling protes dan berbantahan saat inspeksi mendadak (Sidak) Walikota Serang, Syafrudin ke gedung Pasar Lama, Kota Serang, Selasa (4/1/2022).

Walikota Serang, Syafrudin datang ke Pasar Lama, sekitar pukul 09.30 WIB, didampingi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Pada saat mendatangi lapak pedagang, salah satu pedagang eks Taman Sari yang menempati kios memrotes keberadaan awning yang berada di depan jejeran kios tersebut.

Awning yang dibangun berbahan rangka baja ringan tersebut dan ditempati para pedagang eks Pasar Lama yang sebelumnya berada di bahu jalan.

“Sebenarnya sejak kami dipindahkan, meski di awal sempat sepi tetapi alhamdulillah sedikit-sedikit mulai rame. Tetapi pendapatan kami berkurang lagi karena di depan ada awning,” ucap salah seorang pedagang eks Taman Sari kepada Syafrudin.

Sontak, ucapan pedagang tersebut direspon oleh para pedagang eks Pasar Lama yang menempati awning yang berada di depannya itu.

“Jangan mau kenyang sendiri, pedagang Pasar Lama yang sudah lama aja tidak ada yang protes, ini mah pedagang sebrang malah protes,” ucap salah seorang pedagang yang menempati awning.

Kondisi bersitegang semakin meningkat. Satpol PP dan jajaran aparat keamanan setempat menenangkan para pedagang yang bersitegang tersebut.

Walikota Serang, Syafrudin saat diwawancara mengaku sudah memerintahkan Dinkop UKMPerindag untuk menatanya.

“Awning yang dibangun sendiri itu akan ditata DinkopUKM Perindag, karena di belakang masih pada kosong maka akan kita tempatkan disitu. Jadi akan didorong masuk,” ujarnya.

Sebelumnya, Kumuh dan menyeramkan. Begitulah kesan suasana di lantai dua dan tiga di Pasar Lama, Kota Serang. Di gedung itu tumbuh tanamanan liar yang menimbulkan kesan tersebut (Baca: .Pasar Lama Kumuh dan Tumbuh Pohon, Walikota Serang Tunggu Investor)

Gedung Pasar Lama itu pada lantai satu memang diisi para pedang. Namun pada lantai dua dan tiga tidak ada yang menempati karena kondisinya tidak terawat. Plafon terlihat keropos dan rusak di sana – sini.

Saat sidak Walikota Serang, Syafrudin mengatakan, pihaknya tengah menunggu kehadiran investor untuk mengelola gedung pasar tersebut.

“Kami menunggu investor yang mungkin akan membangun. Saya kira akan lebih bagus dan akan ditata secara keseluruhan,” katanya di sela-sela tinjauannya ke Pasar Lama, Selasa (4/1/2022).

Dia menargetkan, di tahun ini akan ada investor yang masuk untuk mengelola pasar tersebut.”Target 2022 akhir mudah-mudahan sudah ada yang masuk,” katanya. (Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button