Pemerintahan

Surta Wijaya Terpilih Jadi Ketua Umum Apdesi, Asli Orang Banten

Surta Wijaya terpilih menjadi Ketua Umum DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Jakarta, Minggu (19/9/2021). Dia terpilih secara aklamasi untuk jabatan periode 2021 – 2026.

Surta Wijaya menjadi orang Banten pertama yang menjadi pucuk pimpinan DPP Apdesi. “Alhamdulillah, saya mengucapkan syukur tak terhingga. Ini berkat doa dan dukungan semua pihak, saya tepilih menjadi Ketum DPP Apdesi,” ujar Surta Wijaya, Selasa (21/9/2021).

SurtaWijaya yang merupakan Kepala Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, ini menuturkan bahwa setelah diberikan amanah untuk memimpin DPP Apdesi, dia beserta jajaran pengurus akan segera melakukan konsolidasi organisasi.

Menurut dia, hal ini dimaksudkan agar mesin oganisasi bisa langsung bergerak untuk melakukan konsolidasi hingga kepengurusan tingkat kecamatan di seluruh Indonesia.

Surta Wijaya mengakui tugas tersebut tidak mudah karena menyangkut urusan kemajuan nasional bangsa Indonesia. “Ini memang bukan tugas ringan. Insya Allah Apdesi akan memberikan kontribusi pemikiran dan tenaganya untuk kemajuan bangsa dan negara,” kata Surta Wijaya menjelaskan.

Baca Juga:   Warga Tiga Desa di Cadasari Tagih Janji Bupati Pandeglang Perbaiki Jalan

Surta Wijaya sebelumnya merupakan Ketua DPD Apdesi Provinsi Banten untuk periode 2020 – 2025 dalam sebuah pemilihan yang secara aklamasi menunjukanya kembali untuk ketiga kalinya.

Dia terpilih dengan mengusung tema “Masyarakat Giat Desa Kuat” Dalam memastikan pertumbuhan ekonomi masyarakat dimasa Pandemi Covid -19 melalui Pemerintah Desa yang kuat,”terang Hamdani penuh semangat.

Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau yang disingkat Apdesi merupakan wadah berkumpul para Kepala Desa dan Perangkat Desa baik yang aktif maupun purna bakti seluruh Indonesia. Organisasi ini dideklarasikan pada tanggal 17 Mei 2005 di Jakarta.

Hasil Munas I di Jogjakarta tanggal 23-25 April 2005, terbentuk kepengurusan masa bakti 2005-2010 dengan Ketua Umum Suwararjo Hendrowijoyo, S.Pd., MM dari Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Apdesi dibentuk untuk menampung dan menyalurkan aspirasinya, atas dasar kesamaan pandangan dan pemikiran,yang sama dalam membangun Pemerintah Desa dan masyarakat Desa, namun beranekaragaman dalam kontek sosial, budaya, kemampuan moril maupun material.

Baca Juga:   Lomba Desain Tugu Pamulang Dimulai, Hadiah Dari Pribadi Gubernur

Apdesi mencoba membangun kebhinekaan itu melalui VISI dan MISI APDESI, Terwujudnya Pemerintahan Desa dan Masyarakat Desa yang Maju, Kuat, Sejahtera, Mandiri dan Demokratis. (Reporter / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button