Tujuh Makanan Sebaiknya Jangan Dihangatkan Ulang

Foto: Istimewa

Ada tujuh makanan yang sebaiknya tidak dihangatkan atau dipanaskan ulang dari sisa makanan semalam atau pagi. Proses pemanasan ulang makanan itu justru menimbulkan senyawa yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Eating Natural Foods, media yang membahas soal kesehatan makan merekomendasikan tujuh makanan yang jangan dipanaskan ulang. Ketujuh makanan itu adalah;

Jamur

Jamur sebaiknya segera dikonsumsi segera setelah selesai dimasak. Ini karena kandungan protein pada jamur bisa berubah jadi racun dan mengganggu sistem pencernaan. Jika ingin memakan lagi jamur sisa semalam, makanlah dalam keadaan dingin tanpa perlu dihangatkan lagi.

Bayam

Bayam kaya akan kandungan nitrat. Oleh karena itu sayuran ini hendaknya langsung dikonsumsi setelah dimasak. Jangan sekali-sekali menghangatkan bayam karena nitrat akan berubah menjadi nitrit dan membahayakan kesehatan.

Baca: Riwayat Pembuat Kopi Pertama dan Penyebarannya

Bit

Buah bit punya sifat yang sama seperti bayam. Segera santap bit dan jangan memanaskan jika ingi dimakan lagi.

Seledri

Sebagaimana bayam dan buah bit, seledri bukanlah sayuran yang direkomendasikan untuk dipanaskan berkali-kali.

Ayam

Ayam mengandung protein dan akan berdampak buruk jika olahan ayam dipanaskan untuk kedua kalinya. Jika dipanaskan kembali, komposisi protein akan berubah akibat suhu yang tinggi. Maka dari itu bila anda ingin menghangatkan ayam gunakan temperatur yang rendah.

Telur

Protein pada telur akan sangat baik jika dikonsumsi begitu telur matang, baik dengan cara digoreng atau direbus. Menghangatkan kembali telur yang sudah matang akan mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan.

Kentang

Kentang yang sudah matang disarankan untuk segera disantap. Jangan makan olahan kentang yang sudah berumur satu hari atau yang tidak tersimpan di kulkas. Menghangatkan olahan kentang menyebabkan hilangnya nutrisi dan beracun. (Dikutip dari republika.co.id)

Berita Terkait