EdukasiHeadline

Untirta Kirim Tim, Tangani Pelecehan Sex Mahasiswinya di UNM Makasar

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang merespon cepat laporan salah seorang mahasiswinya mengalami pelecehan sex dengan direkam saat mandi ketika mengiktui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Kampus UNM Makasar.

Humas Untirta, Veronica Dian mengatakan, Tim PMM Untirta sejak kemarin setelah mendapatkan laporan dari peserta outbound PPM Untirta soal pelecehan sex tersebut di Makassar. Untirta bergerak cepat menindaklanjutinya.

“Tadi pagi sudah berkoordinasi dan melaporkan kepada pimpinan, dan mendapatkan arahan dari Rektor dan Warek 1 sebagai ketua PMM MBKM Untirta sudah mengutus tim PMM mendatangi kampus UNM untuk berkoordinasi dengan PIC PMM UNM,” ucap Veronica saat dihubungi melalui pesan whatsaap pada Jumat (10/12/2021).

Untirta Serang mendampingi serta memberikan bantuan moril dan hukum. Juga sudah berkoodrinasi dan komunikasi dengan LBH di Makassar.

Tim PMM Untirta akan dampingi secara psikologis supaya merasa ketentraman dan kenyaman. Selain itu juga dilakukan trauma healing,” terangnya.

Pihaknya juga menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada pihak berwajib setempat untuk mengusut tuntas dengan kasus tersebut.

“Ini merupakan pelajaran berharga bagi perguruan tinggi penyelenggara maupun peserta. Semoga segera mendapatkan titik terang,” katanya.

Menurut cnnindonesia, sejumlah mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi yang mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diduga mengalami pelecehan seksual.

Berdasarkan penuturan korban, mereka direkam saat berada di dalam kamar mandi. Kala itu, mereka tengah menjalani program pertukaran pelajar di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Salah satu mahasiswi dari dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Banten, yakni RN menjelaskan saat dirinya melihat kamera di dalam kamar mandi.

“Saat itu saya sedang mandi. Tapi, tiba-tiba saya melihat ada kamera warna putih di atas. Saya kaget dan cepat kenakan pakaian saya,” kata RN, Kamis (9/12) di Makassar.

Saat melihat kamera, RN langsung histeris. Dia sempat berteriak minta tolong. Namun, pelaku yang merekam tidak sempat ketahuan.

Peristiwa itu lalu menjadi heboh dibicarakan di kalangan mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar.

Setidaknya ada 100 mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di kampus UNM Makassar. Mereka semua menginap di tempat yang telah disediakan. (Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button