Walikota Serang: CPNS Dari Luar Kota Diminta Tidak Minta Pindah Tugas

Walikota Serang, Syafrudin mengharapkan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari luar daerah Kota Serang, tidak mengajukan pindah tugas apabila sudah lolos dan bekerja selama dua atau tiga tahun.

Hal itu terungkap usai Syafrudin meninjau lokasi tes CPNS di sebuah hotel, Kota Serang, Kamis (13/2/2020).

Syafrudin mengatakan, para CPNS yang mengikuti tes di Kota Serang, bukan hanya berasal dari Kota Serang. Melainkan dari daerah terdekat seperti Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak, dan bahkan ada yang dari Lampung.

Syafrudin mengungkapkan, kebutuhan aparatur sipil negara (ASN) di Kota Serang sekitar 6.600 orang. Namun, saat ini kuotanya hanya 215 orang.

Baca:

Tidak Pindah

“Keinginannya, yang lolos ini masyarakat dari Kota Serang. Sehingga apabila sudah menjadi ASN tidak berencana pindah tugas,” kata Syafrudin.

Syafrudin berharap, dalam mekanisme tes CPNS ini sesuai zona wilayah. Artinya yang mengikuti tes di Kota Serang merupakan masyarakat Kota Serang.

“Seperti dalam pendidikan di zona gitu. Sebab ASN yang dari luar daerah itu, baru juga dua atau tiga tahun tugas, sudah mengajukan pindah tugas,” ungkapnya.

Syafrudin menegaskan, dirinya akan mengintruksikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang, membuat persyaratan tugas bagi yang lolos dari luar daerah. “Jadi syaratnya itu harus pindah domisili, dan menjadi masyarakat Kota Serang,” ungkapnya.

Sementara Kepala BKD Kota Serang, Ritadi mengatakan, tes CPNS dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 13-15 Februari 2020. Lanjutnya, dihari pertama ada 5 sesi, hari kedua 4 sesi, dan di hari terahir yakni 5 sesi.

Dari jumlah 3.184 orang peserta, tes dihari pertama diikuti oleh 1.150 orang peserta dibagi lima sesi. kita beri waktu selama 90 menit untuk mengerjakan soal tes persesi, dan setelah selesai nilainya langsung keluar,” katanya.

Ritadi membeberkan, kuota ASN yang disediakan di Kota Serang yakni sekitar 215 orang, kebutuhan terbanyak ditenaga pendidikan yakni sekitar 174 orang. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait