Tekno

YouTube Sedang Uji Coba Saluran TV Gratis untuk Pengguna

YouTube sedang melakukan uji coba saluran TV gratis untuk mengukur minat pengguna menonton siaran televisi melalui platform mereka.

Dikutip dari Techradar, Youtube merupakan satu – satunya di mana pemirsa dapat menemukan yang mereka inginkan, dan mereka selalu mencari cara baru untuk memberikan pemirsa tujuan utama agar lebih mudah menemukan.

Pihak YouTube menegaskan bahwa saluran TV gratis tersebut akan terpisah dari layanan TV di platform mereka.

Mereka juga meminta biaya bulanan sebagai imbalan atas berbagai saluran televisi yang dialirkan melalui web.

Ke depan aka nada potongan untuk platform tersebut sekitar 45 persen dari pendapatan iklan.

Potongan tersebut sama persis dengan yang diambil dari iklan di video oleh pembuat konten atau konten kreator.

Saat ini uji coba yang dilakukan pada platform video dengan cara menyematkan saluran TV gratis dalam sebuah menu khusus.

Hal tersebut juga memungkinkan pengguna mendapatkan pilihan untuk menonton.

Uji coba saluran TV gratis juga hanya dilakukan kepada sekolompok kecil pengguna di wilayah Amerikat Serikat (AS),

Platform tersebut sebenarnya sudah lama bereksperimen dengan acara TV. Apa pun yang dibeli melalui antaramuka Google TV dapat diakses.

Sementara banyak program yang didukung iklan ditambahkan ke platform pada bulan Maret tahun 2022.

Sebelumnya, Perusahaan YouTube berencana untuk memberikan bayaran atau memonetisasi pada konten kreator yang rajin mengunggah video pendek lewat platform YouTube Shorts.

Mengutip dari berbagai sumber, Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja mengungkapkan, penonton YouTube Shorts telah mencapai lebih dari 30 miliar per hari secara global.

Mulai tahun depan kita mempunyai peluang untuk meluncurkan monetisasi untuk kreator YouTube Shorts. Jadi kreator Shorts akan mulai bisa menghasilkan uang dalam platform tersebut pada awal tahun depan,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (1/11/2022).

Menurut dia, rencana tersebut merupakan langkah yang bagus untuk menghargai serta membantu lebih banyak kreator Shorts terutama di daerah – daerah kecil untuk bisa berkarya dan menghasilkan uang untuk kebutuhan mereka. (Baca Selengkapnya: Konten Kreator YouTube Short Akan Dapat Cuan Mulai Tahun 2023).

Editor: Abdul Hadi

SELENGKAPNYA
Back to top button