Militer

Ranpur Yonranratfib 2 Mar Dukung Lattik Diktukba Kavaleri 2022

Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi (Yonranrattib) 2 Mar mendukung kegiatan latihan praktik (Lattik) siswa pendidikan pembentukan Bintara (Diktukba) Kavaleri LIII TA 2022 di Garase Ranpur Yonranratfib 2 Mar, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung Ujung, Surabaya, Senin (3/10/2022).

Pendukungan itu dengan mengerahkan kenddaraan tempur (Ranpur) LVT-7 A1. Ini dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit.

Serda Mar Pitoyo Edi, instruktur menerangkan, menerangkan materi teknik penggerak Ranpur Yonranratfib tersebut sudah menggunakan sistem elektrik hidrolis.

Para siswa dituntut bisa memahami pengetahuan engine, sistem kelistrikan, sirkulasi oli, BBM dan pendinginan air, udara hingga tahap pengoperasian serta pengenalan alat komunikasi Ranpur.

Komandan Yonranratfib 2 Marinir, Letkol Marinir Kuswandi menyampaikan, dengan berlangsungnya kegiatan Lattek Siswa Diktukba Kav ini, diharapkan siswa dapat menyerap sepenuhnya materi yang diberikan instruktur sebagai bekal pelaksanaan jenjang lanjutan lattek lapangan dan bermanfaat ketika kembali ke kesatuan.

“Jadikan kegiatan lattek ini sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan prajurit dengan terus mengisi ilmu pengetahuan tentang kesenjataan Kavaleri agar dapat menjadi prajurit Kavaleri yang benar-benar handal dan profesional,” ujarnya.

Sebelumnya, Prajurit Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) melaksanakan latihan menembak senapan serbu di Lapangan Tembak Koarmada II, Ujung, Surabaya, Rabu (14/09/2022).

Ini merupakan upaya satuan dalam meningkatkan 10 kemampuan dasar prajurit salah satunya materi menembak (Baca: Yonranratfib 2 Mar Latihan Menembak, Yontankfib Jaga Stadion).

Latihan yang dilaksanakan dalam meningkatkan kemampuan menembak bagi prajurit dengan materi tembak tempur defensif 30 butir pada jarak 100 meter, sikap tiarap, duduk berlutut dan sikap berdiri.

Prajurit dituntut ketangkasannya dalam menuntaskan materi sesuai instruksi yang diberikan pelatih dengan harapan capaian hasil bisa maksimal.

Komandan Yonranratfib 2 Mar, Letkol Marinir Kuswandi menyampaikan agar prajurit tidak pernah bosan untuk terus berlatih dengan semangat.

Terlebih pada materi tembak tempur yang saat ini sedang dilaksanakan, harapannya prajurit nantinya benar-benar bisa menguasai 10 kemampuan dasar yang menjadi suatu keharusan bagi prajurit. (Munawir – Menkav 2 Mar / Editor: Iman NR)

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button