Peristiwa

Al Muktabar Jadi Inspektur Upacara HUT RI Ke-77 di KP3B

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI ke-77 di Lapangan Masjid Raya Al Bantani, Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (17/8/2022).

Ini merupakan pertamakalinya Al Muktabar menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI sejak diangkat menjadi Penjabat atau Pj Gubernur Banten.

Rangkaian upacara dimulai pukul 08.00 Wib, dilanjutkan prosesi pengibaran Merah Putih, mengheningkan cipta, Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Banten, Andra Soni.

Bertindak selaku Komandan Upacara yakni Mayor Inf. Eko Asmani (Komandan Detasemen Korem 064/MY).

Perwira Upacara yakni Mayor Inf Indra Gunawan (Pasi Binpers Korem 064/MY), Komandan Pasukan Pengibar Bendera yakni Lettu Inf. Ali Romadlon (Komandan Unit 1 Tim 2 Detasemen 2 Batalyon II Grup I Kopassus).

Pembawa baki Zaskia Ramadhani, pengibar bendera yakni Rifky Fadlan Ramadhani, Al Riza Kamalu Zaman dan Moch. Hezi Zazuli.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Kepala Kanwil Agama Provinsi Banten Nanang Fatchurrahman.

Pembacaan Teks Pancasila oleh Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho dan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Danrem 064 Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto.

Dalam sambutannya, Al Muktabar mengatakan, Provinsi Banten telah berjuang dan akhirnya mampu bangkit dari dampak pandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir.

Perekonomian Provinsi Banten di triwulan ke II tahun 2022 tumbuh pada angka 5,70 persen melampaui angka laju pertumbuhan ekonomi nasional 5,44 persen.

Hari ini bertepatan kita peringati Hari Kemerdekaan RI yang Ke-77. Kemarin Bapak Presiden telah menyampaikan Pidato Kenegaraan, bahwa di situasi yang sulit Indonesia tetap bangkit,” ungkap Al Muktabar.

Dia menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas pencapaian laju pertumbuhan ekono tersebut yang di atas angka nasional. Ini menunjukan perkembangan positif atau kebangkitan setelah pandemi.

Dijelaskan, perjuangan untuk memperoleh pencapaian tersebut tidaklah mudah. Pelaksanaan pembangunan di situasi dan kondisi sulit saat pandemi butuh perjuangan serta peran semua pihak.

Seluruh stakeholder pembangunan di Provinsi Banten dinilai bahu membahu bekerja keras bersama Forkopimda, Bupati/Walikota, serta utamanya masyarakat agar Banten lekas bangkit.

“Atas nama rakyat Banten, saya menghaturkan terima kasih dan penghormatan yang tinggi kepada Bapak Presiden, Wakil Presiden dan Ibu/Bapak Menteri atas segala dedikasi dan kerja sehingga kita semua dapat berada dalam kondisi saat ini. Stabilitas politik yang baik, pertumbuhan ekonomi terus bangkit,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kondisi saat ini cukup terkendali, sehingga bisa beraktivitas seperti biasa. Namun tetap menerapkan Prokes (Protokol Kesehatan-red) dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya imbau masyarakat untuk ikut vaksinasi khususnya dosis tiga atau booster,” tambah Al Muktabar.

Dikatakan, dalam merefleksikan Kemerdekaan Indonesia, jauh sebelum 77 tahun sudah terjadi perjuangan yang tidak mudah.

Pihaknya meminta para generasi muda penerus bangsa untuk terus mengasah kemampuan dan kekuatan agar mampu memikul tanggung jawab meneruskan cita-cita pendiri bangsa. (Biro Adpim Banten / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button