Anggaran Covid 19 Kabupaten Tangerang Baru Terserap 42%

Anggaran penanganan dan percepatan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Tangerang hingga Agustus 2020 baru terserap 42 persen dari total anggaran Rp472 miliar. Demikian dikatakan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Kamis (24/9/2020).

Zaki menuturkan, biaya penanganan tersebut dialokasikan sebesar Rp105 miliar untuk penanganan kesehatan. Selanjutnya untuk jaring pengaman sosial (JPS) sebesar Rp185 miliar dan untuk pemulihan dampak ekonomi akibat Covid-19 sebesar Rp182 miliar.

“Total anggaran Rp 472 miliar itu bersumber dari APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) dan bankeu (bantuan keuangan) Provinsi Banten,” beber pria Zaki kepada wartawan usai menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Tangerang.

Baca:

Orang nomor satu di Kabupaten Tangerang ini mengatakan anggaran tersebut sudah terserap untuk penanganan di bidang kesehatan hingga bantuan jaring pengaman sosial untuk masyarakat berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Alhamdulillah, serapannya berjalan baik dari BLT dan lainnya, kemudian penanganan dampak ekonomi juga berjalan. Jadi, APBD perubahan ini memang untuk recofusing dan realokasi penanganan dampak Covid-19 di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid menambahkan, relokasi anggaran tersebut bisa dirasakan seluruhnya oleh masyarakat Kabupaten Tangerang hingga akhir Desember 2020. “Ini masih terus berjalan. Mudah-mudah bisa terlaksana semua dan bisa dirasakan masyarakat,” pungkasnya. (Rivai Ikhfa)

Berita Terkait