Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Jemput Bola Vaksinasi Booster

Dinkes Kota Tangerang melakukan vaksinasi secara jemput bola atau didatangi rumah ke rumah. Terutama bagi vaksin booster atau dosis ketiga.

Skema vaksinasi booster dengan sistem jemput bola tersebut seperti yang terlihat di wilayah Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh.

Kepala Puskesmas Poris Plawad, dr Wien Agung menjelaskan vaksin door to door di laksanakan pada lingkungan RW 12, Perumahan Banjar Wijaya. Adapun target sasaran merupakan mereka yang berusia lebih dari 60 tahun.

“Kali ini kami sasar sekitar 20-an lansia dalam satu RW. Wilayah ini cukup banyak lansianya maka kita gelar secara door to door. Wilayah lain yang mau dilakukan secara door to door juga boleh ajukan ke Puskesmas. Nanti kita atur jadwalnya, yang penting semua masyarakat harus divaksin,” papar Wien, Senin (17/01/2022).

Kata dr Wien, target vaksinasi booster di Puskesmas Poris Plawad sekitar 1.807 lansia.

Sementara itu, Shafwan mustafa (65), warga setempat mengaku bersyukur mendapat layanan door to door. Tidak perlu antre, panas-panasan di sejumlah gerai vaksinasi.

“Senang sekali, lagi nonton TV didatangi dokter-dokter untuk vaksin booster. Cepat, ramah dan sangat terbantu. Tidak ada rasa apa-apa, semoga saya dan warga lansia lainnya di sini sehat-sehat,” pungkas Shafwan.

Pelaksanaan vaksinasi booster atau ketiga bagi warga Kota Tangerang akan dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah pada 12 Januari 2022. Ada lima jenis vaksin yang akan digunakan sesuai instruksi pemerintah pusat.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang telah menyatakan pelaksanannya akan digelar pada Rabu (12/1/2022). Sebagai tahap awal target vaksinasi booster ialah lansia, demikian dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni (Baca: Vaksinasi Booster akan Digelar Bagi Lansia dan Anak di Kota Tangerang).

Saat ini, Dinkes tengah mempersiapkan sejumlah data cakupan vaksinasi lansia dosis dua jenis Sinovac dan Pfizer.

“Semua data ini, untuk dasar Dinas Kesehatan menyusun mikroplanning vaksinasi booster lansia. Pastinya, secara pelaksanaan sama seperti sebelumnya, gerai-gerai vaksinasi berusaha didekatkan dan dimudahkan ke para target sasaran,” ungkap dr Dini, Selasa (10/1/22).

Ia pun menjelaskan, target sasaran vaksinasi booster tak hanya lansia, namun mereka Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS dan peserta Kartu Tangerang Sehat. (Reporter: Eky Fajrin / Editor: Iman NR)

Eky Fajrin

SELENGKAPNYA
Back to top button