Lingkungan

Bayah Diguncang Gempa Bumi 5,3 M, Tak Berpotensi Tsunami

Daerah Bayah di Kabupaten Lebak kembali diguncang gempa bumi berkekuatan 5,3 magnituo (M) terjadi pukul 17.02, Minggu (9/10/2022).

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa berada di sekitar Barat Daya Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Menurut BMKG, gempa itu berada di kedalaman 12 Km dengan lokasi 7.09 lintang selatan (LS) dan 106.08 BT. Atau lokasinya 26 Km dari Barat Daya Bayah, Kabupaten Lebak.

BMKG juga menyebutkan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun warga setempat tetap diminta untuk waspada terhadap gempa susulan.

Kades Bayah Timur, Rafik Rahmat yang dihubungi MediaBanten.Com membenarkan terjadi guncangan yang cukp besar di daerahnya. Lama guncangan hanya beberapa detik.

“Warga kami sempat berhamburan ke luar, karena guncangannya cukup besar. Karena hanya sebentar, mereka masuk lagi ke rumah. Juga kondisi di sini hujan,” kata Rafik Rahmat, Kades Bayah Timur.

Kata Rafik, hingga saat ini belum ada laporan tentang kerusakan akibat guncangan gempa yang berkekuatan 5,5 M. “Saya masih memonitor ke beberapa lokasi soal efek gempa itu,” ujarnya.

Gempa bumi yang terjadi di sebelah barat daya Bayah itu juga dirasakan di Kota Serang. Di Perumahan Graha Dalung Regency (GDR), Kelurahan Dalung juga merasakan goncangan tersebut, meski hanya beberapa detik.

“Iya Pak. Hanya beberapa detik. Tapi cukup besar dan terasa, saat itu saya lagi duduk di kursi,” kata Yadi, warga Perumahan GDR.

Yusvin Karuyan, warga di Cirasa, Kota Serang juga merasakan guncangan beberapa saat tersebut. Dia malah bertanya-tanya, dimana asal sumber gempa tersebut.

Menurut catatan, gempa menggucang Bayah bukan pertamakali terjadi. Misalnya Badan Meteorologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi di daerah Bayah, Kabupaten Lebak, Sabtu (12/3/2022), pukul 12.31 WIB dengan kekuatan 5,3 M (Baca: Bayah Diguncang Gempa 5,3 Magnito, Tidak Berpotensi Tsunami).

Gempa itu berada pada kedalaman 10 kilometer dan pusat gempa berada di 41 kilometer barat daya Bayah. Gempa dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Gempa dirasakan hingga Pelabuhan Ratu (Sukabumi), Kota Tangerang, Kota Sukabumi, Munjul, Malingping, Cinangka, Bayah, Lebak, Panggarangan, Tanara, Anyer, Serpong hingga Ciannjur.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya soal Bayah diguncang gempa. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button