Berita 2 Mar: Yonzeni Terobos Ranjau Hingga Yonbekpal Praktik Ranbeng

“Kami bukan prajurit hebat, tapi kami prajurit terlatih” itu yang selalu terngiang di setiap prajurit Kompi Zeni Tempur (Zipur) Batalyon Zeni 2 Marinir (Yonzeni 2 Mar).

Sepekan disibukkan Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK) TW ll Thn 2020, prajurit berkesempatan berlatih penerobosan lapangan ranjau di lapangan tembak F.X.Soepramono Kesatrian Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Selasa(9/6/2020).

Danyon Zeni 2 Mar Letkol, Marinir I Nyoman Polih mengatakan, latihan tersebut disimulasikan 1 Kompi pasukan Infanteri yang menyerang terhambat oleh ranjau yang ditanam musuh.

Satu regu Zipur dikirim melaksanakan penerobosan lapangan ranjau tesebut. Dengan kemampuan yang dimiliki, prajurit Zipur berhasil melaksanakan tugasnya. Pasukan Infanteri dapat melanjutkan penyerangan ke daerah yang dikuasai musuh.

“Prajurit Zeni tempur adalah prajurit pilihan. Tidak hanya mahir di bidang Kontruksi tempur, tetapi harus handal di bidang Destruksi. Karena itu jangan pernah bosan berlatih dan terus berlatih agar menjadi prajurit yang tangguh, profesional dan tentunya dicintai rakyat,” pungkas Danyon Zeni 2 Mar. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Baca:

Yon Angmor 2 Mar cek kendaraan taktis. Foto: Yosafat RH / Menbanpur

Yon Angmor 2 Mar Cek Rantis

Danyon Angmor 2 Mar, Mayor Marinir Tulus Novan Hartawan Siagian mengecek truk yang merupakan kendaraan taktis (Rantis) di garase kompi Yonangmor 2 Mar Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra, Karang Pilang, Surabaya, Selasa (9/6/2020).

Pengecekan kesiapan tersebut diikuti seluruh personel gabungan pengawak kendaraan taktis (Rantis) dari Yonangmor 2 Mar. Pengawak rantis meliputi 22 unit Unit Truck Liaz, 5 Truck Unimog, 4 Truck Isuzu, 1 Rantis kia dan 2 Motor bidal.

“Kita sebagai prajurit di Yonangmor 2 Mar harus siap apabila dibutuhkan. Maka dari itu saya perintahkan kepada seluruh pengawak kendaraan selalu memperhatikan dan mengecek kesiapan kendaraan kita,” tegas Danyon Angmor 2 Mar.

Hadir dalam kegiatan ini Perwira Staf Yonangmor 2 Mar, Para Danki, Danton, serta seluruh pengawak Kendaraan Truck di Batalyon Angkutan Bermotor 2 Mar. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Yonpom 2 Mar lakukan razia mess di kesatriaan. Foto: Yosafat RH/Menbanpur

Razia Yonpom 2 Mar

Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) menggelar razia penegakan tata tertib dan disiplin anggota tidur dalam (TD) baik bintara maupun tamtama di Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Selasa (9/6/2020).

Satu per satu anggota diminta menunjukkan dan membuka almari masing-masing. Ini untuk mencari barang-barang yang tidak boleh disimpan di mess. Karena menyalahi aturan dinas, seperti narkoba, minuman keras maupun senjata dan munisi baik senjata organik maupun senjata rakitan.

Komandan Yon POM 2 Mar Letkol Laut (PM) Edwin Heryana mengatakan, razia ini merupakan kegiatan rutin Yon POM 2 Mar. Yon Pom diberi wewenang penegakan tata tertib dan disiplin kepada prajurit militer di dalam kesatrian.

“Razia kali ini untuk meminimalisasi pelanggaran dan mencegah terjadinya tindak pidana yang dilakukan oleh anggota TNI AL/Marinir, khususnya anggota TD yang menyimpan narkoba, minuman keras maupun menyimpan senjata dan munisi,” terangnya. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Yonbekpal 2 Mar menggelar praktik pengoperasiaan kendaraan bengkel (Ranbeng). Foto: Yosafat RH / Menbanpur

Yonbekpal 2 Mar Praktek Ranbeng

Prajurit Yonbekpal 2 Mar khususnya Kompi Pemeliharaan, pada LPK TW.II 2020 kali ini melaksanakan latihan praktek pengoperasian Kendaraan Bengkel (Ranbeng) di Garase Kompi Pemeliharaan Yonbekpal 2 Mar Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Selasa (9/6/2020).

Kegiatan pelatihan yang diinstrukturi oleh Peltu Marinir Rudi Subagyo tersebut diĺaksanakan dengan tujuan untuk mengenal dan mempelajari berbagai tehnik pengoperasian Ranbeng meliputi spesifikasi, penggunaan mesin bubut, penggunaan bor duduk, genset maupun pengelasan logam.

Komandan Yonbekpal 2 Marinir Letkol Marinir Ari Ek2v Daryanto menjelaskan bahwa keberadaan Ranbeng di lingkup Yonbekpal 2 Mar berperan sebagai kendaraan bengkel untuk perbaikan Ranpur, Ranmor, Albes, Alkom, maupun senjata yang rusak di medan operasi.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan seluruh prajurit khususnya pengawak Ranbeng untuk mengetahui, mengenal dan memahami tentang kegunaan kendaraan tersebut. “Semoga kesiapan kita ini menjadi tolak ukur bagi kesiapan penugasan satuan kedepan dengan harapan setiap indikasi segera bisa diantisipasi dan ditindaklanjuti,” pungkas alumnus AAL 2002 tersebut. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Berita Terkait