BPBD Banten dan Perumahan Depag Ciwaru Semprotkan Disinfektan

Mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) masuk di lingkungan komplek, warga Perumahan Departemen Agama (Depag) Ciwaru, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum (fasum), tempat ibadah dan rumah warga, Sabtu (11/4/2020).

Ketua RT 02/07 Komplek Depag, Junaedi mengatakan penyemprotan disinfektan ini sebagai upaya preventif untuk melindungi rumah, fasum dan tempat ibadah yang rentan terpapar. Junaedi berharap, dengan adanya penyemprotan cairan disinfektan dapat menangkal wabah virus corona yang mematikan, sehingga masyarakat bisa hidup aman dan nyaman.

“Ini bentuk perhatian masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih. Kami berharap semoga inisiatif ini bisa jadi gerakan masyarakat melawan corona. Jadi kita sebagai masyarakat juga bisa membantu pemerintah dalam membasmi virus yang berasal dari Wuhan tersebut,” kata Junaedi.

Baca:

Upaya Preventif

Di tempat yang sama, Asep Sukandarusman tokoh masyarakat setempat juga mengajak kepada seluruh warga untuk melakukan upaya preventif dengan menjaga diri masing-masing, keluarga, teman dan lingkungannya agar terhindar dari penularan pandemi Covid-19. Namun hal tersebut harus diperjuangkan dengan berikhtiar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut diantaranya, rajin cuci tangan dengan sabun baik sebelum ataupun sesudah beraktifitas, mengkonsumsi makanan bergizi, banyak minum air putih hangat. Dan yang lebih penting tetap di rumah, gunakan masker serta hindari keramaian dan jaga jarak sesuai imbauan pemerintah,” kata Asep Sukandarusman.

Menurut Asep, upaya pencegahan virus corona bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi juga harus dilakukan dengan baik oleh masyarakat. “Jika kita patuh menjalankan imbauan pemerintah, saya yakin pandemi Covid-19 ini bisa cepat terselesaikan,” tandas yang bertugas sebagai Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Banten. (yono)

Berita Terkait