Advetorial

6 Tips Dinkes Banten Tangani Hepatitis atau Peradangan Hati

Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai sebab seperti bakteri, virus, proses aoutoimun, obat-obatan, perlemakan, alkohol dan zat berbahaya lainnya.

Penyebab infeksi (Bakteri, virus dan parasit) merupakan penyebab terbanyak, diantara penyebab infeksi tersebut, infeksi karena virus Hepatitis A,B,C,D atau E merupakan penyebab tertinggi.

Walaupun Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononucleosis infeksiosa, demam kuning atau sitomegalovirus.

Sedangkan penyebab Hepatitis non virus terutama di sebabkan oleh alkohol dan obatobatan.

Gejala klinis Hepatitis yang timbul pada umumnya berupa kelelahan, kurangnya nafsu makan, mual, muntah, urine yang berwarna lebih pekat tetapi sebagian besar tidak menunjukkan gejala klinis atau asimtomatis.

Tetapi ada gejala yang khas pada Hepatitis A yaitu mata dan kulit berwarna kuning. Namun berikut penjelasan soal hepatitis A, B, C, D dan E.

Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV). Penularan jenis hepatitis ini dapat terjadi melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus hepatitis A.

Hepatitis B

Jenis hepatitis ini disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B dapat ditularkan melalui hubungan seksual tanpa alat pengaman dan transfusi darah. Pada kasus yang jarang terjadi, ibu hamil yang terinfeksi virus hepatitis B bisa menularkan virus ini ke janinnya.

Hepatitis C

Hepatitis C disebabkan oleh infeksi virus hepatitis C (HCV). Penularan hepatitis C dapat melalui hubungan seksual tanpa kondom atau penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

Sama seperti hepatitis B, virus ini bisa menular dari ibu yang terinfeksi hepatitis C ke janinnya.

Hepatitis D

Hepatitis D adalah peradangan hati akibat infeksi virus hepatitis D (HDV). Jenis hepatitis ini jarang terjadi, tetapi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Seseorang bisa tertular hepatitis D bila memiliki riwayat penyakit hepatitis B. Penularan virus ini bisa melalui penggunaan jarum suntik yang tidak steril atau transfusi darah.

Hepatitis E

Hepatitis E disebabkan oleh infeksi virus hepatitis E (HEV). Hepatitis E ditularkan melalui air atau makanan yang terkontaminasi virus ini. Oleh karena itu, hepatitis E mudah menular di

Langkah Penanggulangan

Untuk mencegah penularan Hepatitis, berikut Dinas Kesehatan Provinsi Banten memberikan 6 langkah Penanggulangan Hepatitis yang dapat dilakukan :

1. promosi Kesehatan

2. perlindungan khusus

3. pemberian imunisasi

4. surveilans Hepatitis Virus

5. pengendalian faktor risiko

6. deteksi dini dan penemuan kasus;

Dalam rangka memperingati hari Hepatitis Sedunia pada tanggal 28 Juli, Tema yang diusung pada peringatan tahun 2023 yaitu “Segerakan Tes dan Obati, Hepatitis Tidak Menunggu”.

Dengan pesan kunci :

1. Masifkan promosi pencegahan dan pengendalian hepatitis dengan memanfaatkan berbagai media
2. Segerakan tes dan pengobatan

3. Perluasan akses pencegahan, tes, dan pengobatan untuk semua

4. Saatnya bergerak untuk eliminasi hepatitis

(Adv)

Beni Hendriana
Latest posts by Beni Hendriana (see all)

SELENGKAPNYA
Back to top button