Info Sehat

Cuaca Panas Lebih Dari 37 Derajat, Kemenkes Berikan Tips

Indonesia dilanda cuaca panas lebih dari 37 derajat hingga enam bulan ke depan. Sebab itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berikan berbagai tips.

Menkes tak lama ini beberkan tips kepada masyarakat setelah Indonesia diindikasi cuaca panas yang tidak normal.

Hal tersebut bertujuan untuk mengendalikan diri agar tidak jatuh sakit menghadapi cuaca panas yang terjadi.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk tetap waspada saat beraktivitas diluar ruangan dengan tetap menjaga agar tubuh tetap sehat.

Berikut tips yang dapat dilakukan menghadapi cuaca panas yang tidak normal:

Sementara itu, Badan Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) minta masyarakat tidak panik namun tetap harus waspada.

BMKG pun mengungkapkan alasan mengapa cuaca di Indonesia sangat panas. Mereka menyebut sejak pekan lalu hingga hari ini, hampir sebagian besar negara – negara di Asia Selatan masih terdampak gelombang panas atau heatwave.

Badan Meteorologi di negara – negara Asia seperti Bangladesh, India, Myanmar, China, Thailand dan Chaos melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40 derajat Celcius yang berlangsung beberapa hari belakangan dengan rekor – rekor suhu maksimum di wilayahnya.

Badan Meteorologi Cina (BMC) melaporkan lebih dari 100 stasiun cuaca di Cina mencatat suhu tertinggi sepanjang sejarah pengamana instrument untuk bulan April ini.

Di Jepang “panas yang luar biasa” juga teramati dalam beberapa hari terakhir.

Kumarkhali, kota di distrik Kusthia, Bangladesh menjadi daerah terpanas dengan suhu maksimum harian yang tercatat sebesar 51,2 C pada 17 April 2023.

Editor: Abdul Hadi

Abdul Hadi

SELENGKAPNYA
Back to top button