Lingkungan

Desa Ketapang Bisa Dijadikan Contoh Tata Keloa Wilayah Pesisir

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar mengatakan, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang bisa dijadikan percontohan dalam tata kelola wilayah pesisir.

Desa Ketapang dipamerkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam kegiatan Partnerships in Evironemnetal Management for The Sea of East Asia (Pemsea) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 di Atria Hotel Gading Serpong, Tangerang, Rabu (26/10/2022).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar membuka PNLG Meeting Summit 2022 yang berlangsung 26 – 29 Oktober 2022.

Salah satu agendanya adalah kunjungan lapangan ke Ketapang Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Pertemuan di hotel tersebut dihadiri perwakilan dari 11 negara, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan undangan lainnya.

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar mengatakan, kegiatan tersebut juga sebagai upaya menguatkan pemberdayaan dan mencarikan sebuah solusi atas dampak lingkungan untuk dapat tetap menjaga tata kelola kawasan pesisir.

“Kita harus berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian maka dalam tata kelola itu kita perlu mengarahkan agenda untuk go green dan pemanfaatan sumberdaya yang ada,” kata Al Muktabar dalam Rilis Biro Adpim Banten yang diterim MediaBanten.Com.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya melakukan pengelolaan secara terpadu pada wilayah pesisir pantai.

Dia menuturkan, pentingnya mendorong konsep blue economy (ekonomi biru), lantaran hal itu menjadi tantangan ke depan. Konsep ekonomi biru dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan penguatan ekosistem laut.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga Wakil Presiden PNLG berharap kegiatan tersebut dijadikan tempat bertukar informasi, pengalaman dan pembelajaran terkait pembangunan kawasan-kawasan pesisir pantai.

“Ini bisa menjadi pertukaran informasi, pengalaman, dan pelajaran terkait pembangunan kawasan-kawasan pesisir pantai,” ujarnya.

Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar, Wakil Presiden PNLG mengatakan keberhasilan penataan kawasan pesisir Desa Ketapang yang kini juga menjadi destinasi wisata baru membuat Kabupaten Tangerang terpilih sebagai tuan rumah dalam forum ini.

“Desa ketapang mauk ini mendapat dukungan karena disini bukan cuma sekadar infrastruktur dari perkampungan nelayan, tapi juga ada pengembangan perihal lingkungan hidup, yaitu mangrove,” kata Zaki.

Dia menerangkan, kawasan mangrove tersebut telah mulai dikembangkan sejak 2014 hingga saat ini. Selama 6 tahun lebih, Mangrove berkembang pesat sehingga menghasilkan kualitas air yang mengesankan.

Hal ini juga mendorong kawasan pesisir Desa Ketapang dapat membuat tambak udang, ikan, kepiting, dan hewan lain yang dilindungi di rawa sehingga dapat hidup dan berkembang biak di kawasan mangrove.

“Ini menandakan bahwa ekosistem dan kualitas air usai ditanam mangrove itu terjadi perubahan dan menjadi lebih baik,” ujarnya. (Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button