Kesehatan

Dingkes Tangsel Catat 461 Kasus Penyakit DBD, Di Lebak 1.536 Kasus

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Provinsi Banten mencatat sebanyak 461 kasus penyakit DBD atau demam berdarah dengue selama periode Januari-Mei 2024.

Sementara itu, kasus penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sampai April 2024 menembus 1.536 orang dan enam orang dilaporkan meninggal dunia (Baca: Demam Berdarah Dengue di Lebak Tembus 1.536 Kasus dan 6 Meninggal, Belum KLB).

Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar di Tangerang Selasa (21/5/2024) mengatakan, kasus terbanyak berada di Kecamatan Pamulang dengan terdapat 91 kasus.

“Selain itu di Kecamatan Serpong ada 86 kasus, Ciputat 73 kasus, Pondok Aren 65 kasus, Serpong Utara 63 kasus, Setu 42 kasus, dan Ciputat Timur 41 kasus,” katanya.

Menurutnya, penyebaran penyakit DBD saat ini sudah dapat dikendalikan dibandingkan pada bulan sebelumnya. Berbagai upaya telah ditangani pihaknya untuk mengendalikan meningkatnya kasus DBD tersebut.

“Kalau kita lihat data, Maret merupakan kasus tertinggi hingga 167 kasus. Tapi, kalau berdasarkan data grafik laporan bulanan dari awal tahun, April dan Mei kasus DBD sudah bisa dikendalikan,” katanya.

Dengan penemuan kasus tersebut, upaya melakukan pengendalian DBD melalui pengendalian jentik dan nyamuk penular serta upaya membatasi kematian karena penyakit tersebut terus dilakukan.

Ia berharap, untuk menekan penyebaran DBD masyarakat dapat menggerakkan satu rumah satu jumantik.

Namun, yang terpenting, kata Allin menambahkan, di setiap rumah bisa melakukan 3M plus (menguras, menutup, mendaur ulang, dan menghindari gigitan nyamuk) secara rutin.

“Kami berharap supaya DBD di Tangsel bisa ditekan, masyarakat harus punya kesadaran sendiri bagaimana bisa melakukan 3M plus di rumahnya masing masing,” katanya.

Kasus penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sampai April 2024 menembus 1.536 orang dan enam orang dilaporkan meninggal dunia.

“Kami minta minta warga agar mengoptimalkan kegiatan PSN dengan 3M untuk membunuh jentik nyamuk aedes aegypti itu,” kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, Budi Mulyanto, Selasa (14/5/2024).

PSN adalah kegiatan pemberantasan sarang nyamuk. Edangkan 3M adalah mengubur, menguraas dan menutup barang-barang bekas.

Kasus penyebaran demam berdarah dengue tahun ini terjadi peningkatan dibandingkan tahun 2023, yakni sebanyak 764 orang dan empat orang dilaporkan meninggal.

Meningkatnya kasus DBD itu karena dipicu curah hujan tinggi, sehingga memungkinkan vektor perindukan jentik nyamuk aedes aegypti berkembang biak, terutama pada genangan air di barang-barang bekas maupun bak dan kolam. (Azmi Syamsul Ma’arif – LKBN Antara)

Editor Iman NR

Berita ini merupakan bagian dari kerjasama diseminasi LKBN Antara dengan MediaBanten.Com

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button