Dompet Dhuafa Banten Bangun Tempat Cuci Tangan di Fasilitas Umum

Tim cegah tangkal (cekal) Covid-19 Dompet Dhuafa Banten membangun tempat cuci tangan di Terminal Pakupatan, Kota Serang, Selasa (24/3/2020).

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten Mokhlas Pidono mengatakan, hal itu dilakukan guna membangun kesadaran akan pentingnya cuci tangan menggunakan sabun untuk menjaga diri dari penularan Covid-19.

“Ada orang-orang yang tidak bisa tinggal di rumah seperti sopir maupun kru angkutan, mereka perlu mendapatkan perhatian agar minim resiko penularan Covid-19, salah satunya cuci tangan pakai sabun. Itu sebabnya fasilitas cuci tangan ini kami tempatkan di terminal Pakupatan” ujarnya.

Mokhlas mengaku, sebelumnya tim Cekal Covid Dompet Dhuafa Banten juga sudah melakukan penyemprotan desinspektan dibeberapa fasilitas umum di Kota Serang dan Kota Cilegon.

Dukungan Masyarakat

“Tanpa dukungan masyarakat, kami tentu tidak bisa berbuat banyak. Untuk itu dukungan maupun donasi masyarakat sangat kami harapkan” tutur Mokhlas.

Diiketahui untuk meminimalisir penularan serta sulitnya masker karena kelangkaan di pasaran. Tim Cekal Covid-19 Dompet Dhuafa Banten juga membagikan masker secara gratis kepada kru angkutan umum maupun pegawai terminal Pakupatan.

Salah satu tim Cekal Dompet Dhuafa Banten, Ikbal mengungkapkan, pada saat membuat tempat cuci tangan, ia melihat banyak pegawai terminal dan kru angkutan umum yang tidak menggunakan masker.

“Kami lihat pegawai terminal dan kru angkutan tidak menggunakan masker, ini rawan sekali tertular Corona. Selain pembagian masker, kami juga memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga jarak atau social distancing” ucapnya.

Tim Cekal

Tim Cekal Dompet Dhuafa berharap, selain bermanfaat untuk masyarakat, pembangunan tempat cuci tangan serta pembagian masker ini mendapat perhatian dari pemerintah untuk bisa membangun lebih banyak dibeberapa fasilitas umum.

Dalam waktu dekat, Dompet Dhuafa Banten juga akan membuat body chamber atau semprot desinspektan ke seluruh tubuh di fasilitas umum. Untuk itu butuh dukungan masyarakat agar semua yang direncanakan bisa terealisasi.

Sementara kepala terminal pakupatan Waluyo menyambut dengan baik. Bahkan dalam unggahan media sosialnya, ia menyatakan terimakasih kepada tim Cekal Covid-19 Dompet Dhuafa Banten atas pembuatan tempat cuci tangan ini.

“Terimakasih kepada Dompet Dhuafa Banten atas pembuatan tempat cuci tangan ini, semoga berkah dan bermanfaat”. Ujarnya.

Selain Waluyo, tempat cuci tangan ini juga mendapatkan antusiasme yang positif dari penumpang dan kru angkutan umum, terbukti setelah selesai dan siap digunakan, kru angkutan umum dan pegawai terminal langsung menggunakan alat cuci tangan ini secara bergantian. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait