Kesehatan

Walikota Tangerang Targetkan 100 Persen Imunisasi Anak

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menargetkan capaian 100 persen pada pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) tahun 2022. Target ini melebihi target nasional yang dicanangkan 95 persen.

Demikian disampaikan Arif R Wismansyah, Walikota Tangerang saat menghadiri kegiatan penggalangan komitmen pelaksanaan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) yang digelar Dinas Kesehatan setempat di Gedung Pusat Pemkot Tangerang, Senin (18/7/2022).

Arief menuturkan, Komitmen Pelaksanaan Bulan Imunisasi ini merupakan momen pemulihan terhadap program kesehatan setelah pandemi Covid-19.

“Kami berkomitmen bersama dalam rangka mensukseskan program imunisasi nasional,” ucap Arief.

“Kalau secara nasional Pemerintah Pusat menargetkan 95%, saya berharap di Kota Tangerang bisa 100% capaian imunisasinya,” tegasnya.

Arief menerangkan bahwa imunisasi ini sama halnya dengan vaksinasi untuk kepentingan dan kebaikan seluruh masyarakat Kota Tangerang.

“Untuk itu tidak ada pilihan bagi masyarakat Kota Tangerang khususnya anak – anak kita, jika sudah waktunya imunisasi harus segera dilakukan imunisasi, maka komitmen ini menjadi bentuk langkah awal kita bersama dalam mensukseskan program imunisasi nasional,” terangnya.

Segala upaya bersama ini perlu adanya dukungan serta komitmen bersama tidak hanya pemerintah, seluruh stakeholder, dan seluruh elemen masyarakat juga harus ikut serta dalam mensukseskan program imunisasi nasional.

“Koordinasi dan kerja sama lintas sektor, Organisasi Profesi, Tim Penggerak PKK, Organisasi Keagamaan diharapkan juga bisa berpartisipasi aktif guna memberikan pemenuhan pelayanan kesehatan yang optimal bagi anak – anak kita dan masyarakat Kota Tangerang,” tutur Arief.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni menjelaskan dalam penyelenggaraan bulan imunisasi anak nasional dengan tujuan untuk memberikan kekebalan individu maupun kekebalan komunitas (herd Immunity).

“Sehingga perlu dibentuk Kelompok Kerja Bulan Imunisasi Anak Nasional (Pokja BIAN) tingkat Kota Tangerang dan adanya komitmen bersama dalam mewujudkan capaian Vaksinasi pada Program BIAN,” kata Dini Anggraeni.

Pelaksanaan Komitmen Bersama Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 ditandai penandatanganan bersama secara simbolis yang dilakukan oleh Wali Kota Tangerang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

Ketua Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS), Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tangerang, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banten. (Rilis Pemkot Tangerang / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button