Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Siap Gelar Vaksinasi Ketiga Untuk Lansia

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menyatakan siap melaksanakan program vaksinasi ketiga. Jumlah vaksin yang tersedia dinyatakan cukup untuk jumlah target sasaran sesuai waktu pelaksanaan pada 12 Januari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan masih menunggu arahan pemerintah pusat untuk target sasaran penerima vaksin.

“Tapi mengenai pemilihan, siapa sasarannya dan sebagainya kami belum terima. Iya betul, lansia target utama,”ujarnya kepada media, Rabu (5/1/2022).

Selain itu, Dini juga pastikan jika ada kebutuhan vaksin pemerintah pusat melalui Pemprov Banten segera mengirimkan sesuai jumlah yang dibutuhkan.

“InshaAllah sih vaksin pusat selalu support. Biasanya kita report berapa, pusat siapin dikirim ke provinsi Banten. Alhamdulillah sih selalu cukup,” imbuhnya.

Disinggung soal kewaspadaan mengantisipasi penyebaran Omicron, Dini menuturkan bahwa penanganannya sama dengan varian Covid19 lainnya.

Untuk kuncinya, sambung Dini tetap masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi varian Omicron penanganannya kan sama. Jadi masyarakat, kita semua harus jaga protokol kesehatan 5M, perkuat, perluas cakupan vaksinasi, kemudian kalau dari kita perkuat tracing, testing, dan treatment,”imbuh Dini.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang memaksimalkan pelayanan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Pada hari Sabtu dan Minggu pelayanan vaksin tetap dibuka baik melalui Puskesmas maupun sentra vaksin yang telah disediakan (Baca: Dinkes Kota Tangerang Kejar Target Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun).

Kepala Dinkes, dr Dini Anggraeni mengungkapkan secara pencapaian pada minggu kedua kemarin terlihat cukup tinggi hingga 10 ribu anak lebih per harinya. Seperti pada Rabu (22/12) mecapai diangka 13.494 anak dan Kamis (23/12) ada 12.409 anak tervaksinasi.

“Capaian di hari libur seperti Sabtu atau Minggu juga tidak kalah. Terlihat pada Sabtu (25/12), Dinkes berhasil menjaring 4.554 anak umur 6-11 tahun untuk divaksinasi covid-19. Karena memang, Dinkes dibantu stakeholder lainnya membuka gerai di pusat perbelanjaan atau mall. Sehingga memudahkan, nyaman dan menyenangkan bagi anak maupun para orangtuanya,” ungkap dr Dini, Senin (27/12).

Ia pun menjelaskan, selain lewat 38 Puskesmas yang menggelar vaksinasi anak 6-11 tahun ke sekolah-sekolah layaknya program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). (Reporter: Eky Fajrin / Editor: Iman NR)

Eky Fajrin

SELENGKAPNYA
Back to top button