Gerakan Pemuda Peduli Petani Kampung Citundun Mancak

Foto: Kelompok Tani Citundun

Kelompok Tani Kampung Citundun Rt 05 Rw 01, Desa Mancak, Kabupaten Serang menggerakan para pemuda untuk peduli terhadap pertanian dan sekaligus menjadi petani yang modern. Ini untuk menciptakan ketahanan pangan desa setempat dan perduli terhadap lingkungan.

Kepedulian pemuda itu awalanya hanya berkisar pada membuat lingkungan yang lebih baik. Namun gerakan ini bergeser sedikit demi sedikit ke arah, selain membuat lingkungan yang baik, juga membuat desa setempat menciptakan ketahanan pangan dan berdaulat.

Kami juga fokus dalam kegitan kelompok tani ini supaya pemuda mempunyai bekal ilmu dibidang tani dan harapan kami suatu saat nanti menjadi generasi penerus yang mampu menjadi petani cerdas mampu mendongkrak hasil panen yang lebih baik, dan hasil panenya tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat kami dan menjadikan penghasilan untuk kampung kami suatu saat nanti,” ujar Ahmad Imron Rosadi dan Hasbiyulloh yang tergabung pemuda peduli bertani.

Baca: Dinsos Banten Gelar Wisata Sosial Untuk Anak Jalanan dan Balita Terlantar

Sementara itu, Ketua RT 05, Bapak Buang menyambut baik dan senang dengan kegiatan para pemuda tersebut. “Kami sangat senang pemuda mempunyai ide seperti kegiatan pemuda yang peduli bertani,dan kami juga mendukung adanya kegiatan tersebut, karena akan menimbulkan dampak positif kemasyarakat kami,” ujar bapak buang (RT 05 RW 01 Kp. Citundun Ds. Mancak Kec. Mancak).

Dan kami juga berterima kasih pada penyuluh pertanian yang telah mengikut sertakan kelompok tani kampung kami ini dalam rangka program dinas pertanian kabupaten serang dalam UPSUS PAJALE Balai Penyuluhan Pertanian Mancak yang siap membimbing kami dan memberikan penyuluhan dari mulai pengolahan lahan, penanaman, pemberian pupuk, perawatan hingga panen,” ujar Atoillah (Kordinator kelompok tani kampung citundun ). (Rilis Kelompok Pemuda Peduli Bertani Kampung Citundun)

Berita Terkait