Ini Pasien Pertama Positif Covid 19 di Kota Cilegon

Satu warga Kota Cilegon dinyatakan positif corona atau covid 19. Ini merupakan pasien positif pertama bagi Kota Cilegon.

“Benar ada. Hasil test swabnya dari Lab Kemenkes baru kita terima semalam,” kata Ahmad Aziz Setia AP, Juru Bicara Covid 19 Cilegon yang dihubungi MediaBanten.Com, Rabu (29/4/2020).

Jubir Covid 19 Cilegon menjelaskan, dari hasil tracing atau PE, pasien positif corona itu tidak ada hubungannya denga kunjungan Muhammad Mardiono.

Wantimpres Muhamad Mardiono dalam kujungannya di Kota Cilegon ditemui langsung oleh Walikota Cilegon Edi Ariadi, Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati dan Kepala Dinas Kominfo, Sandi dan Statistik Aziz Setia Ade, Selasa (28/4/2020).

Dari Tangerang

“Pasien ini tadinya tinggal bersama suaminya di Tangerang, kemudian saat pandemi corona merebak, dia pulang ke Cilegon. Kami melakukan pemeriksaan, termasuk memeriksa swab. Hasilnya, baru semalam kita terima dan dinyatakan positif,” kata Aziz yang juga Kadis Kominfo Kota Cilegon.

Sementara itu, Anggota Watimpres ke Cilegon, selain sebagai ajang silaturrahmi, juga untuk memantau penanganan Covid-19 di Kota Cilegon.

“Yang diperbincangkan adalah, pertama mengenai penanganan Covid-19 khusus untuk di Cilegon yaitu pencegahannya. Yang kedua adalah tentu sebagai antisipasi bahwa ini mau lebaran, kemudian sampai sejauh mana di Cilegon ini memiliki ketahanan sosial terutama adalah ketahanan pangan,” terang Mardiono, kepada sejumlah media, kemarin.

Kepada Watimpres Mardiono, Walikota Cilegon Edi Ariadi, membenarkan bahwa di Cilegon terdapat objek vital. Sehingga Pemkot Cilegon sangat berhati-hati untuk meminta penghentian kegiatan pabrik. Misalnya PLTU Suralaya yang beroperasi 24 jam untuk memasok listrik Jawa-Bali, sangat tidak mungkin dihentikan karena covid 19.

Minta Dibantu

“Kaitan Covid-19, bantulah kami melalui alkes. Ventilator, APD. Kemudian kita juga kan mempunyai mega proyek JLU, Wantimpres mempersilahkan memfasilitasi Pemkot dengan Bapenas. Kebetulan beliau dekat dengan Bapenas,” kata Edi.

Sementara itu, terkait satu orang warga Kota Cilegon yang terkonfirmasi positif Covid 19 tersebut, merupakan warga Perumahan Bumi Panggung Rawi (BPI) Kelurahan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon.

Aziz mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi dengan sejumlah OPD terkait kronologis pasien sehingga bisa terpapar virus corona.

Jumlah kasus corona di Cilegon pertama hari ini menjadi 1 orang positif. Sedangkan 18 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang terdiri dari 3 orang dirawat, 4 orang semnuh dab 11 orang meninggal.

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 477 orang, yang terdiri dari 67 orang masih dipantau dan i 410 orang dinyatakan negatif atau sembig. (yusvin karuyan)

Berita Terkait