Aplikasi & OS

Keren, Lokapala Bakal Hadir di 3 Negara Asia Tenggara

Pemerintah terus mendukung pengembangan industri gim Indonesia ke pasar ekspor salah satunya Lokapala. Kementerian perdagangan memfasilitasi pelaku usaha gim lokal dalam mempromosikan produknya.

“Ekspansi Lokapala ke Asia Tenggara ini sekaligus membawa misi diplomasi budaya dengan memperkenalkan berbagai tokoh dan budaya Indonesia ke mancanegara,” kata Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag).

Jerry juga berharap, ekspansi ini mampu membuka peluang untuk peroleh nilai ekspor Intellectual Property (IP).

Hal itu dikemukakan Wamendag dalam acara Peluncuran Ekspansi Lokapala ke Asia Tenggara hasil kerja sama PT Anantarupa Yaesa Suptesu Jagarti selaku pengembang gim Lokapala di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (24/05).

Dengan ekspansi ini, gamer-gamer di negara Asia Tenggara bisa bermain game eSports buatan Indonesia, Lokapala, menggunakan karakter dari Indonesia dan nantinya akan ada juga karakter dari negara-negara tersebut.

Pembukaan server di Asia Tenggara ini akan dimulai dari 3 negara, yaitu Thailand, Vietnam, dan Filipina pada akhir Juni 2023 mendatang, lalu akan merambah ke negara-negara lainnya dalam waktu yang akan datang.

Dikatakan Wamendag, IP adalah aset pengembangan sektor gim untuk bisa melakukan ekspor dan akan menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan.

Gim, kata Jerry, salah satu subsektor ekonomi kreatif yang menjadi alternatif sumber devisa negara di masa depan.

“Kementerian Perdagangan memandang subsektor ini memiliki yang cukup besar untuk dikembangkan dalam menggerakan ekonomi nasional khususnya meningkatkan ekspor Indonesia dalam bidang jasa dan sektor kreatif,” tandasnya, sebagaimana dilansir dari laman Kominfo, Jumat (26/05).

Menurut Jerry, sektor gim mempunyai peluang luar biasa untuk tumbuh. Hal ini didorong oleh kebebasan pemain gim untuk bermain dengan berbagai cara dan lintas platform.

Selain itu, ada teknologi seluler dan jaringan baru yang memperluas pasar gim di negara berkembang, munculnya generasi muda yang diharapkan akan semakin membentuk pola konsumsi global, serta hadirnya berbagai kalangan pemain baru.

Gim esports pertama dari Indonesia Lokapala yang terinspirasi dari riset terkait nilai-nilai kepemimpinan nusantara yang sudah ada sejak abad ke-8. Nilai-nilai kepemimpinan nusantara inilah yang kemudian diperkenalkan melalui gim esports dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dengan mengangkat berbagai karakter historis dan mitologi dari berbagai daerah di nusantara

Editor : Abdul Hadi

Abdul Hadi

SELENGKAPNYA
Back to top button