Komisi X DPR RI Kunker Ke Banten

Foto: Subag Peliputan dan Dokumentasi Pemprov Banten

Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten. Gubernur Banten Wahidin Halim menyambut lanagsung kunjunan wakil rakyat tersebut di Pendopo Gubernur, Senin (13/11/2017).  Sebelum ke Pendopo Gubernur, Minggu kemarin Komisi X mengunjungi Pemkot Cilegon dan diterima oleh Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi.

Ketua Tim Rombongan Kunker Ferdiansyah mengatakan, ada beberapa pembahasan yang dilakukan pihaknya dengan Gubernur Banten beserta jajaranya yakni masalah Pendidikan dan Kebudayaan, Pariwisata, Perpustakaan, Kepemudaan dan Olahraga, Pramuka dan Ekonomi Kreatif.

“Kunker ini juga untuk membuka ruang diskusi publik mengenai berbagai kendala pembangunan di daerah. Semua aspirasi dan masukan tersebut akan menjadi bahan dalam rapat kerja dengan para pemangku kepentingan di pusat,” katanya.

Ferdiansyah mengatakan, maksud dari kunjungan ini juga adalah untuk melakukan komunikasi intensif antara DPR RI khususnya Komisi X DPR RI dengan Pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat di Provinsi banten tentang potensi pariwisata, dan pembangunan pariwisata yang ada di Banten.

“Kunjungan ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan berupa data-data faktual tentang pelaksanaan pembangunan dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, pemuda dan olahraga, dan perpustakaan di Provinsi Banten,” jelasnya.

“Banten memiliki potensi sumberdaya alam yang masih bisa digali dan dikembangkan untuk kemajuan dunia pariwisatanya,” sambungnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim memberikan apresiasi atas perhatian dari Komisi X DPR RI. Bahkan dalam kesempatan itu, pihaknya juga telah menyampaikan potensi kepariwisataan, termasuk pengembangan ekonomi kreatif, pendidikan dan kebudayaan, olahraga dan kepemudaan.

Dihadapan Komisi X,  Gubernur Banten ingin memiliki pusat olahraga yang terpadu dan lengkap seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia. Keberadaan pusat olahraga tersebut sebagai sarana untuk melatih para atlet Banten sehingga bisa meningkatkan prestasi di berbagai cabang olahraga.

“Kedepan kami sedang merencanakan pembangunan sport center diatas areasekitar 60 hektare. Tempat ini akan menjadi pusat pembinaan olahraga dibanten. Dikita juga sedang dibangun waduk karian seluas 360 hektare, kedepan kita akan jadikan sarana olahraga dayung,” kata Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan beberapa potensi yang belum dikembangkan secara optimal diantaranya potensi luas pantai, pariwisata, pendidikan yang belum merata, dan revitalisasi  banten lama. Maka itu dirinya mengajak Komisi X untuk memperhatikan provinsi banten. (Subag Peliputan dan Dokumentasi Pemprov Banten)

Berita Terkait