EkonomiMediaBanten TV

Kondisi Lalu Lintas Arus Balik di Merak – Cilegon Lengang

Kondisi arus balik di Merak – Cilegon dan sekitarnya tampak lengang, Senin (9/5/2022). Tak tampak kepadatan dan kemacetan yang terjadi pada arus mudik dan arus balik sebelumnya.

Data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauhuni mencatat, total kendaraan yang menyeberang ke Pulau Jawa via Pelabuhan Bakauheni-Lampung menurun selama 24 jam terakhir.

Pada Minggu (8/5/2022) tercatat 28.728 kendaraan turun dibandingkan Sabtu (6/5/2022) sebanyak 38.945 kendaraan. Penurunan itu berjumlah 10.217 kendaraan.

Data itu dirinci kendaraan roda (R2) turun dari 18.062 unit menjadi 12.294 kendaraan. Sedangkan roda empat (R4) dari 19.752 kendaran menjadi 13.814 kendaraan.

Kenaikan jumlah terjadi pada kendaraan jenis truk dari 584 kendaraan menjadi 1.875 truk. Penambahan jumlah truk itu berkaitan dengan dilonggarkannya larangan truk menyeberang selama periode mudik dan balik.

Selaras dengan penurunan jumlah penumpang kendaraan penyeberangan Sumatera-Jawa yang mendominasi roda dua dan roda empat terpantau di jalan Tol Tangerang – Merak kondisi lengang.

Selain itu pada jalur arteri Kita Cilegon juga terpantau ramai lancar hingga Senin (9/5) siang.

Sebelumnya, penumpang dan kendaraan pada arus balik Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Sabtu (7/5/2022) dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dari Jawa ke Sumatera terus meningkat dan naik secara signifikan (Baca: Sabtu Ini, Arus Balik Pelabuhan Merak Naik Signifikan).

Berdasarkan data 24 jam hingga Jumat 08.00 WIB dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak jumlah kedatangan (Bakauheni – Merak) penumpang pejalan kaki sebanyak 11.189 orang.

Mereka tiba di Pelabuhan Merak menggunakan kapal roro tanpa ada hambatan.

Seperti penumpang pejalan kaki, Syafid dari Lampung hendak menuju Bekasi mengaku perjalanan ke Pelabuhan Bakauheni hingga penyeberangan ke Pelabuhan Merak tidak merasa kesulitan pada sore.

“Alhamdulillah nyaman sih, kapalnya sama cuaca nyaman dan duduk di lantai atas,” pungkasnya. Hal senada dikatakan Gunawan penumpang dari Bandar Lampung menuju Cilegon.

(Reporter: Erling Cristin / Editor: Iman NR)

Simak video kami di Chanel MediaBanten TV, Youtube. Jangan lupa subscribe, like, sharing dan nyalakan lonceng (notifikasi) untuk mengikuti video-video berikutnya.

erling cristin

SELENGKAPNYA
Back to top button