EkonomiMediaBanten TV

Sabtu Ini, Arus Balik Pelabuhan Merak Naik Signifikan

Penumpang dan kendaraan pada arus balik Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Sabtu (7/5/2022) dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dari Jawa ke Sumatera terus meningkat dan naik secara signifikan.

Berdasarkan data 24 jam hingga Jumat 08.00 WIB dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak jumlah kedatangan (Bakauheni – Merak) penumpang pejalan kaki sebanyak 11.189 orang.

Mereka tiba di Pelabuhan Merak menggunakan kapal roro tanpa ada hambatan.

Seperti penumpang pejalan kaki, Syafid dari Lampung hendak menuju Bekasi mengaku perjalanan ke Pelabuhan Bakauheni hingga penyeberangan ke Pelabuhan Merak tidak merasa kesulitan pada sore.

“Alhamdulillah nyaman sih, kapalnya sama cuaca nyaman dan duduk di lantai atas,” pungkasnya.

Hal senada dikatakan Gunawan penumpang dari Bandar Lampung menuju Cilegon.

Dia mengaku perjalanan mulai padat pemudik arus balik dan pulang lebih awal prediksi puncak arus balik semakin mendekat.

“Perjalanan melelahkan yah, kebetulan tadi udah mulai padat dan mulai ikut antrian tiket onlinenya. Pembelian tiketnya langsung di loket di Pelabuhan Bakauheni. Karena kemungkinan prediksi puncak arus balik itu akan lebih padat lagi dari hari ini,” tandasnya.

Selain itu, kondisi Pelabuhan Merak Banten saat ini masih terlihat lengang dari kendaraan pemudik arus balik Merak-Bakauheni dan sebaliknya.

Meski terjadi peningkatan arus kendaraan, Kepolisian Daerah (Polda) Banten belum menerapkan skema kuning dan merah dalam mengantisipasi arus balik Lebaran tahun 2022 melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon (Baca: Tangani Arus Balik, Polda Banten Belum Terapkan Skema Kuning Merah).

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan, aliran arus balik ke Pelabuhan Merak (Banten) ke Bakauhuni (Lampung) atau sebaliknya dari Bakauhuni turun di Merak masih terkendali, aman dan lancar.

“Dari pemantauan Bapak Kapolda dan Wakapolda Banten arus balik masih lancar, tidak terjadi stag atau penumpukan seperti yang terjadi pada arus mudik,” kata Kombes Pol Shinto Silitonga, Kabid Humas Polda Banten, kemarin.

Shinto membenarkan terjadi penambahan jumlah kendaraan dan mobilitas masyarakat terutama pada arus balik, mulai dari Pelabuhan Merak, naik ke Fly Over ketemu di Jalan Cikuasa Atas lanjut ke pintu Tol Merak atau pintu tol lainnya sampai ke exit di Tol Cikupa. (Reporter: Erling Cristin / Editor: Iman NR)

Silakan disimak video kami di Chanel MediaBanten TV Youtbe. Jangan lupa subcribe, like, share dan nyalakan lonceng (notifikasi) untuk mengikuti video kami berikutnya.

erling cristin

SELENGKAPNYA
Back to top button