KPU Kota Serang Gelar Rekaptulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang mulai melakukan rekaptulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat kota di sebuah hotel, Kota Serang, Jumat (3/4/2019), pukul 20.00 WIB. Direncanakan, rekaptulasi tingkat kota itu akan berlangusung hingga Minggu (5/4/2019).

“Dinamika dalam soal perhitungan selalu ada, tetapi kondisi relatif aman,” kata Ade Jahran, Ketua KPU Kota Serang.

Ade Jahran membenarkan, ada 2 anggota KPPS dan PPS yang meninggal. KPU Kota Serang masih menunggu KPU Pusat terkait dengan santunan. “Kalau soal dana sudah ada, hanya menunggu juknis seperti apa dan bagaimana pelaksanaanya. Tadi waktu pembukaan, kami berdoa bersama untuk para petugas tersebut,” katanya.

Baca: KPU Kabupaten Serang Targetkan 3 Hari Perhitungan Suara Pemilu 2019 Rampung

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Serang, Faridi mengemukakan soal temuan selama berlangsungnya Pemilu 2019. Ada 9 pelanggaran dan pengaduan yang diterima Bawaslu Kota Serang yang dirinci temuan 5 kasus dan laporan dari masyarakat sebanyak 4 pengaduan.

Lima temuan Bawaslu lebih didominasi oleh partai politik yang tidak memberitahukan kegiatan kampanye. Ada juga temuan etik yang dilakukan KPPS 05 di Cipocok Jaya . “Bawaslu sudah memberikan surat rekomendasi kepada KPU agar memberikan teguran kepada petugas yang melakukan pelanggaran etik tersebut dan melakukan pemilihan suara ulang. (Adityawarman)

Berita Terkait