Entertainment

Bruce Willis Mundur dari Dunia Akting, Menderita Penyakit Afasia

Bruce Willis, aktor yang akrab pemirsa Indonesia dalam film Die Hard dengan perannya sebagai John McClane akhirnya mengumumkan mengundurkan diri dari dunia akting karena mengidap penyakit afasia.

Pengunduran diri bintang asal Amerika ini dikemukakan anaknya Rumer Willis dalam akun Instragram yang dikutip MediaBanten.Com, Kamis (31/3/2022).

“Kepada para pendukung Bruce yang luar biasa, sebagai sebuah keluarga, kami ingin menyampaikan bahwa Bruce tercinta telah mengalami beberapa masalah kesehatan dan baru-baru ini didiagnosis menderita afasia, yang memengaruhi kemampuan kognitifnya. Sebagai hasil dari ini dan dengan banyak pertimbangan Bruce menjauh dari karir yang sangat berarti baginya.

Ini adalah waktu yang sangat menantang bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan Anda yang berkelanjutan. Kami bergerak melalui ini sebagai unit keluarga yang kuat, dan ingin membawa penggemarnya karena kami tahu betapa berartinya dia bagi Anda, seperti yang Anda lakukan padanya.

Seperti yang selalu dikatakan Bruce, “Hiduplah” dan bersama-sama kami berencana untuk melakukan hal itu.

Cinta kami: Emma, Demi, Rumer, Scout, Tallulah, Mabel, & Evelyn”

Mengutip web Alodokter, Afasia adalah gangguan berkomunikasi yang disebabkan oleh kerusakan pada otak. Gangguan ini dapat memengaruhi kemampuan berbicara dan menulis, serta kemampuan memahami kata-kata saat membaca atau mendengar.

Penderita afasia akan keliru dalam memilih dan merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat yang benar. Kondisi ini tidak memengaruhi tingkat kecerdasan dan daya ingat penderitanya.Afasia bukan merupakan suatu penyakit, melainkan gejala yang menandai adanya kerusakan di bagian otak yang mengatur bahasa dan komunikasi.

Salah satu penyebab kerusakan otak yang paling sering memicu afasia adalah stroke. Saat mengalami stroke, tidak adanya aliran darah ke otak menyebabkan kematian sel otak atau kerusakan di bagian otak yang berfungsi memproses bahasa. Sekitar 25–40% penderita stroke akan menderita afasia.

Kerusakan otak akibat cedera kepala, tumor otak, atau ensefalitis juga dapat menyebabkan afasia. Pada kasus-kasus ini, biasanya afasia akan disertai dengan gangguan lain, seperti gangguan daya ingat dan gangguan kesadaran.

Selain itu, afasia dapat terjadi akibat penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi sel-sel otak, misalnya demensia dan penyakit Parkinson. Pada kondisi ini, afasia akan berkembang secara bertahap seiring dengan perkembangan penyakit.

Menurut id.Wikipedia, Walter Bruce Willis (lahir 19 Maret 1955) adalah aktor Amerika. Karirnya dimulai pada off-Broadway panggung tahun 1970-an.

Dia mencapai ketenaran dengan peran utama dalam serial drama komedi Moonlighting (1985–1989) dan sejak itu muncul di lebih dari 70 film.

Ketenarannya semakin menjulang setelah berperan dalam sebagai John McClane dalam Die Hard (1988–2013) dan peran selanjutnya lainnya.

Beberapa film yang dibintanginya adalah The Last Boy Scout (1991), Pulp Fiction (1994), 12 Monkeys (1995), Last Man Standing (1996), The Fifth Element (1997), Mercury Rising (1998), Armageddon (1998), The Sixth Sense (1999), Hart’s War (2002), Tears of the Sun (2003), Hostage (2005), Over the Hedge (2006), Surrogates (2009), Moonrise Kingdom (2012) dan Motherless Brooklyn (2019).

Bruce Willis tak hanya menjadi aktor, tetapi juga penyanyi. Dia merilis album debutnya The Return of Bruno pada tahun 1987, diikuti oleh dua album lagi pada tahun 1989 dan 2001.

Dia membuat Broadway debut di adaptasi panggung Misery pada tahun 2015. Willis telah menerima banyak penghargaan selama karirnya, termasuk Golden Globe, dua Primetime Emmy Awards, dan dua People’s Choice Awards. Dia menerima bintang di Hollywood Walk of Fame pada tahun 2006. (Berbagai Sumber / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button