Sepabola

Liverpool Tekuk Napoli 2-0, Salah dan Nunez Jadi Pahlawan

Liverpool menjadi mimpi buruk bagi Napoli. Pada pekan ke-6 Grup A Liga Champions 2022 / 2023, The Reds berhasil membungkam Napoli dengan skor 2-0 di Anfield, Rabu (2/11/2022) dini hari WIB.

Laga Liverpool kontra Napoli berlangsung ketat di babak pertama. Kedua tim tidak punya banyak peluang untuk melepaskan tendangan ke gawang.

Laga yang ketat tersebut membuat 45 menit pertama pertandingan berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Dua gol Liverpool itu baru tercipta di ujung babak kedua. Mohamed Salah berhasil memecah kebuntuan di menit ke-85, kemudian dikuti gol oleh Darwin Nunez yang disahkan oleh VAR di menit ke 90+1.

Pada babak pertama, peluang tim asuhan Jurgen Kloop muncul di menit ke-5, Mohamed Salah yang melakukan potong di tepi kotak penalti, memberikan umpan terobosan kepada Curtis Jones di sisi kiri.

Bola berhasil disambut dengan baik, tetapi arahnya berakhir di atas gawang Napoli.

Napoli berhasil memiliki peluang terbaik untuk mencetak gol, Tanguy Ndombele melakukan tendangan dari jarak yang sangat dekat, namun arahnya terlalu tepat di posisi kiper Allison.

Setelah diserang, The Reds memanfaatkan serangan balik untuk mengancam gawang Napoli yang sedang disorganisasi.

Thiago melalukan tendangan dari luar kotak penalti yang masih dapat dihentikan oleh kiper Meret.

Liverpool mendominasi pada babak pertama. Napoli kesulitan saat merebut bola, bertahan serta menguasai bola.

Masuk ke babak kedua, Napoli sempat mencetak gol di menit ke-53. Bek Napoli, Leo Ostigard mampu melepaskan sundulan kepala memanfaatkan umpan tendangan bebas Khivcha Kvaratskheila yang membuat masuk ke dalam gawang.

Wasit Tobias Stieler cukup lama melihat gol tersebut di VAR sebelum akhirnya memutuskan menganulir gol lantaran Ostigard dinilai berada dalam posisi offside.

Setelah momen tersebut, The Reds dan Napoli terus melakukan jual beli serangan. Namun hingga laga memasuki 10 menit terakhir, kedua tim masih belum mampu mencatatkan angka pertama di laga tersebut.

Menit ke-81, Mohamed Salah melakukan tendangan dari jarak dekat tetapi bola masih bisa ditangkap oleh Meret.

Upaya Liverpool mencetak gol akhirnya membuahkan hasil di menit ke-85 melalui Mohamed Salah.

Pemain asal mesir tersebut, memaksimalkan kemelut yang terjadi di muka gawang Napoli. Dia menendang bola liar dari jarak dekat.

Meret sempat menangkap bola tersebut, namun posisi bola sudah melewati garis gawang sehingga gol disahkan untuk The Reds.

Usai mencetak gol, The Reds terus berusaha meningkatkan serangan ke gawang Napol. Hal tersebut dilakukan demi membuka peluang jadi juara grup A.

Memasuki injury time, Darwin Nunez berhasil mencetak gol namun gol tersebut sempat tidak disahkan oleh hakim garis lantaran Nunez dianggap berada dalam posisi offside.

Namun, setelah pengecekan VAR, gol Nunez dinyatakan bebas dari offside dan skor berubah jadi 2-0.

Walupun menang 2-0, Liverpool tetap gagal jadi juara Grup A lantara kalah Head to Head dari Napoli.

Napoli lolos ke 16 besar sebagai juara grup ditemani Liverpool sebagai runner up.

(*/Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button